Penyebab saat kencing sakit

YI Info Penanya: YI, Wanita, 48 Tahun
Dear Dokter, 9 bulan lalu saya sering pipis, mungkin karena pernah menderita ISK atau Infeksi Saluran Kemih, Dok. Selain itu, jika sedang datang selalu sakit pada bagian vagina, dan nyeri saat pipis serta sakit pada bagian perut sebelah kanan. Apa penyebabnya, Dokter dan apa obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu YI,

Karena Ibu sebelumnya pernah menderita infeksi saluran kemih (ISK), maka kemungkinan kondisi ini kembali ibu alami. Namun untuk memastikannya, sebaiknya Ibu segera kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) ata Dokter Urologi (SpU) agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Untuk mengobatinya, umumnya dokter akan memberikan antibiotik atau antijamur dengan dosis yang disesuaikan dengan kondisi Ibu. Saya sarankan, sebaiknya Ibu tidak mengobati diri sendiri atau minum obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena berisiko malah akan memperparah penyakit atau menyebabkan kuman penyebab penyakit ini menjadi resisten terhadap obat sehingga akan lebih sulit dibasmi.

Untuk mencegah terjadinya ISK berulang, jaga kebersihan diri dan organ intim, tidak menahan bak (buang air kecil) terlalu lama, minum air putih minimal dua liter perhari. Semoga jawaban di atas dapat membantu.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.