Penyebab rambut rontok kenapa ya ?

D Info Penanya: D, Pria, 40 Tahun
Kalau sering rontok itu kenapa ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebab rambut rontok terutama faktor keturunan, adanya perubahan hormon, kondisi medis atau efek samping dari obat yang digunakan. Kejadiannya lebih sering pada pria dibanding wanita. Bisa menipis rambut secara bertahap, bisa juga ada daerah yang mengalami kebotakan (alopecia), rambut mudah rontok secara tiba-tiba, terjadi kerontokan rambut seluruh tubuh atau kulit menjadi bersisik yang menyebar di kulit kepala.

Bisa juga rambut rontok akibat stres, penurunan berat badan atau kekurangan zat besi. Anda dapat konsultasi dengan Dokter atau Klinik yang khusus menangani rambut di kota besar. Perawatannya bisa berupa obat-obatan, laser atau saat ini sudah bisa dilakukan operasi transplantasi rambut. 

Untuk pencegahannya, tangani rambut dengan lembut saat menyikat atau menyisir. Begitu juga saat dicuci menggunakan sampo. Hindari sinar matahari dan berhenti merokok. Jika Anda menjalani kemoterapi atau radiasi, bicarakan dengan dokter Anda untuk penanganannya. Berikut artikel mengenai penanganan rambut rontok untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.