Penyebab pipi bengkak ?

JG Info Penanya: JG, Pria, 19 Tahun
halo dok , saya punya sakit gigi sekitar 1 minggu lalu dok dan setelah sembuh selang 2 hari kemudian pipi saya membengkak dok dan sulit membuka mulut , itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JG.

  Pipi yang bengkak dengan kesulitan membuka mulut, setelah sebelumnya mengalami sakit gigi bisa merupakan akibat dari infeksi gigi seperti :

- Abses submandibula yakni terbentuknya abses pada ruang potensial di regio summandibula, biasanya disertai dengan nyeri tenggorok, demam dan terbatasnya gerakan membuka mulut.

- Abses gigi, dimana terjadinya penumpukan pus di dalam gigi yang disebabkan infeksi bakteri, ditandai dengan bengkak pada pipi. Termasuk di dalamnya abses periapikal, abses periodontal, dan abses ginggiva.

- Pericoronitis yaitu gangguan gigi dimana jaringan gusi di sekitar gigi bungsu membengkak dan terinfeksi. Perikoronitis akut menggambarkan sakit yang tajam, merah, bernanah yang berada pada daerah molar ketiga, yang akan menyebabkan keterbatasan membuka mulut, rasa tidak nyaman selama menelan, demam, dan pernafasan terganggu.

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan anda, perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya kontrol ke dokter gigi untuk mendapat terapi yang sesuai dengan penyebabnya.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan saluran akar gigi dilakukan dengan cara mengebor gigi agar dokter bisa mengakses bagian yang berlubang

Seberapa Sakit Perawatan Saluran Akar Gigi?

Saat jaringan saraf gigi mengalami kerusakan, bakteri akan berkembang biak dan bisa menimbulkan infeksi. Perawatan saluran akar gigi penting untuk menjaga agar infeksi tidak menyebar lebih parah.