26 Apr 2021, 16:20Kepala

Apakah mengkonsumsi MSG menyebabkan tumor otak ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, apa benar, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung MSG berlebihan bisa menjadi penyebab penyakit tumor otak?
78 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Salah satu anggapan yang ada di masyarakat adalah mengkonsumsi MSG dapat menyebabkan tumor otak, kerusakan daya pikir, memperlambat kecerdasan. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Jadi jangan buru-buru menyalahkan MSG untuk semua keluhan yang kita alami.

Apa itu MSG dan efek terhadap tubuh ?

MSG merupakan salah satu penyedap rasa yang membuat makanan menjadi lebih gurih. MSG atau monosodium glutamate aman jika digunakan tidak berlebihan. Namun penggunaan MSG yang terlalu banyak ditambah garam dapur dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat memicu serangan jantung serta stroke. Sehingga harus diperhatikan jumlah MSG yang kita konsumsi. MSG tidak menyebabkan tumor otak.

Apa penyebab tumor otak dan gejalanya pada tubuh ?

Tumor otak dimana sel-sel yang ada membelah tanpa henti dan tidak terkendali yang dapat menekan saraf sehingga organ terganggu, seperti kelumpuhan, kebutaan, nyeri kepala hebat, penurunan berat badan drastis. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti terjadinya tumor otak, namun beberapa faktor risiko yang dapat memicu tumor otak antara lain :
  • Genetik.
  • Usia. 
  • Riwayat radioterapi. 

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah tumor otak ?

Tidak hanya mencegah terbentuknya tumor otak, beberapa tips berikut dapat Anda terapkan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit antara lain :
  • Jalani hidup sehat.
  • Kontrol kesehatan rutin.
  • Olahraga 5 kali seminggu.
  • Atur pola makan bergizi.
Cek ke dokter saraf jika Anda mempunyai faktor risiko dan mengalami gejala mengarah ke tumor otak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
bahaya msgtumor otakpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil