Penyebab penyakit Diabetes Melitus

VG Info Penanya: VG, Wanita, 2019 Tahun
Dok diabetes melitus itu apa penyebabnya? Dan apa yg harus di hindari dan apa yg mesti di lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, VG

Sebelumnya terima kasih telah mempercayakan tim dokter SehatQ untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatan anda.

Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit yang merupakan kumpulan dari beberapa gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar gula (glukosa) darah.

Peningkatan glukosa dalam darah bisa terjadi oleh karena hormon insulin tidak berhasil membawa glukosa kita masuk ke dalam sel-sel tubuh. Maka dari itu, glukosa tetap berada dan menumpuk didalam aliran darah.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Ada sebuah hormon yang bertanggung jawab terhadap transport glukosa dari dalam darah menuju sel-sel tubuh kita, yaitu Hormon Insulin.

Diabetes Melitus (DM) secara umum terdiri dari 2 jenis, yaitu DM Tipe I dan DM Tipe II.

Pada penderita Diabetes Melitus (DM) Tipe I, hormon Insuin tidak dapat diproduksi dari pabriknya yaitu kelenjar pankreas. Kerusakan pankreas pada DM Tipe I bersifat Idiopatik alias belum diketahui penyebabnya hingga saat ini. Tipe ini biasanya terjadi sejak usia kecil dan terjadi pada sebagian kecil kasus Diabetes Melitus secara keseluruhan.

Pada penderita Diabetes Melitus (DM) Tipe II, kelenjar pankreas berfungsi normal dalam memproduksi hormon insulin. Namun yang menjadi adalah, kadar glukosa yang masuk kedalam tubuh terlampau banyak dan menahun sehingga membuat reseptor insulin yang ada pada dinding sel tubuh kita merasa "kewalahan" dalam menerima glukosa yang dibawa oleh hormon insulin. Hal ini menyebabkan terjadinya kondisi yang disebut Resistensi Insulin. Akhirnya glukosa tidak semuanya dapat masuk ke dalam sel dan tetap berada didalam peredaran darah.

Karena sel-sel tubuh kita tidak berhasil mendapatkan glukosa yang dibutuhkan, maka munculah berbagai gejala khas dari penderita DM khususnya DM Tipe II yaitu Sering lapar (Polyphagia), sering haus (Polidypsia), dan sering kencing malam hari (Nocturnal Polyuria). Gejala khas ini dikenal dengan istilah 3P

Perlu diketahui bahwa sebagian besar kasus DM adalah Diabetes Melitus Tipe II. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk menjaga pola makan terutama membatasi porsi makanan tinggi glukosa yang dikonsumsi setiap harinya seperti nasi putih, kue-kue manis, es teh manis, cokelat, minuman bersoda, dll agar terhindar dari penyakit Diabetes Melitus. Selain itu berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap harinya juga berguna untuk mencegah obesitas yang nantinya juga akan bermuara ke penyakit Diabetes Melitus dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Semoga informasinya bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr. Putra Anugrah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan DM tipe 1 dan 2 ada di penyebab, gejala, hingga cara perawatan

Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2, Apa Bedanya?

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 merupakan kondisi yang cukup berbeda, dari segi penyebab, perawatan, hingga gejala. Sehingga, jangan sampai salah membedakannya.