Penyebab nyeri ulu hati

M Info Penanya: M
Dok mau tanya kenapa ulu hati itu nyeri pas kecapekan atau kadang tiba"...ini kenapa ya dok?Dan kadang perut saya itu sakit tapi tidak perih trs disertai mau muntah gitu..kadang habis makan pedes trs asam gitu juga tiba" sakit..ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Keluhan nyeri ulu hati atau perasaan tidak nyaman di perut seperti perih, mual hingga muntah bisa disebabkan oleh masalah di lambung (iritasi lambung), masalah di jantung seperti jantung koroner, atau masalah di usus seperti irritable bowel syndrome. Ada beberapa faktor yang menyebabkan iritasi pada lambung seperti :

  1. Stres. Stres atau beban pikiran seperti masalah di rumah, di kantor dapat memicu produksi asam lambung yang meningkat. Asam lambung ini akan menyebabkan iritasi pada lambung. Biasanya pada orang dengan tingkat stres tinggi sering merasa lapar, perut terasa perih, namun tidak napsu makan. 
  2. Makan makanan yang terlalu pedas, asam akan membuat iritasi pada lambung.
  3. Minuman berkafein, alkohol juga akan memicu iritasi pada lambung.
  4. Obat penghilang nyeri. Seringkali orang hanya menghilangkan gejala nyerinya saja tanpa mengobati penyebab nyeri itu sendiri, sehingga seperti ada ketergantungan terhadap obat penghilang nyeri dimana obat penghilang nyeri ini akan membuat iritasi pada lambung.

Hal yang perlu diperhatikan agar lambung tidak sering mengalami iritasi adalah :

  1. Hindari makan makanan yang terlalu pedas dan asam.
  2. Makan dengan porsi kecil namun sering.
  3. Hindari minuman berkafein dan alkohol.
  4. Kurangi stres dengan melakukan aktivitas lain seperti olahraga.

Bila keluhan nyeri ulu hati ini semakin sering muncul hingga disertai nyeri dada, keringat dingin, BAB hitam seperti petis, maka segera konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr Vina.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.