Penyebab nyeri perut bawah dan pinggang pada ibu hamil

RS Info Penanya: RS, Wanita, 21 Tahun
Permisi dok saya mau tanyaKenapa setiap ibu hamil sering sakit perut bagian bawah dan bagian pinggangMakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RS

Selama proses kehamilan, terjadi pertambahan berat badan bayi serta ukuran rahim dan janin juga semakin meningkat. Rahim letaknya terpisah dengan organ-organ lain disekitarnya. Dengan bertambahnya ukuran maka terjadi penekanan pada kandung kemih, usus, dan saluran kencing. Sehingga ibu hamil sering mengalami sembelit atau menjadi sering buang air kecil.

Pertambahan berat yang cenderung di bagian depan dari perut, mengakibatkan perubahan tumpuan gravitasi tubuh. Biasanya ibu hamil akan menyesuaikan dengan mengubah postur berdirinya yang bagian atas (bahu, punggung atas dan leher) sedikit mundur ke belakang untuk menjaga kestabilan. Tapi akibatnya terjadi penambahan beban pada tulang belakang sehingga bisa mengakibatkan nyeri pada punggung sebelah bawah.

Dari keluhan anda, sebaiknya anda tetap menjaga agar asupan cairan cukup. Dengan banyak minum air putih, agar saluran kencing yang terstimulasi karena tekanan rahim tetap dapat mengeluarkan kencing. Sehingga peradangan di saluran kencing bisa dihindari.

Bila keluhan tak kunjung membaik, anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter Kandungan anda perihal masalah ini.

Segudang Manfaat Prenatal Yoga yang bisa Didapatkan oleh Ibu Hamil

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

IUGR atau pertumbuhan janin terhambat adalah gangguan yang mengakibatkan komplikasi pada bayi baru lahir

7 Komplikasi IUGR Ini Dapat Mengancam Bayi Baru Lahir

IUGR atau pertumbuhan janin terhambat tidak hanya menyebabkan masalah pada kehamilan, namun juga mengakibatkan komplikasi pada bayi baru lahir. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena dapat mengancam keselamatan bayi. Tindakan pencegahan perlu dilakukan agar terhindar dari IUGR.