Penyebab nyeri lutut tempurung bawah?

AR Info Penanya: AR, Pria, 18 Tahun
Dok, saya mau tanya, lutut saya kalo setelah voli rasanya nyeri dibagian tulang bawah tempurung lutut tapi kalo nggak dibawa voli nggak nyeri, sya udah berhenti voli sebulan tapi kalo dibwa voli lagi lututnya nyeri lagi dok, saya juga udah beli obat di apotek udah saya minum sampai habis tapi belum juga sembuh solusinya gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Apa sebelumnya sudah pernah berobat ke dokter?

Dari keluhan yang Anda alami, kemungkinan mengalami cedera pada lutut. Biasanya terjadi pada pemain voli karena Anda bertumpu pada lutut. Perlu diketahui bahwa dibagian lutut banyak terdapat struktur anatomi seperti tulang, tulang rawan, meniskus, ligamen, dan tendon. 

Untuk tatalaksana cedera dapat dilakukan RICE: istirahatkan, beri es batu dan kompres 15 menit pada lutut yang cedera diulangi setiap beberapa jam kemudian, lakukan kompresi dengan balutan dengan elastic verband, dan naikan tungkai lebih tinggi dari tubuh jika berbaring untuk mengurangi bengkak.

Apabila Anda mengalami sakit yang semakin berat, lutut tidak dapat digerakan dan bengkak pada lutut sebaikanya dianjurkan ke dokter untuk melihat bagian mana yang cedera. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kesehatan kami untuk pengetahuan lebih luas mengenai Cedera lutut.

Salam Sehat, 

Dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemanasan olahraga merupakan bagian penting untuk menunrunkan risiko cedera

Hindari Cedera Saat Berolahraga dengan Tips Ini

Cedera pada saat olahraga dapat terjadi pada siapa pun, untuk mencegahnya melakukan pemanasan dapat dipilih. 10 tips ini untuk menghindari cedera saat olahraga.