Penyebab nyeri di perut bawah

YH Info Penanya: YH, Wanita, 20 Tahun
Beberapa hari ini, bagian perut bawah saya sakit. Saat mau BAB, bagian bokong saya sakit sekali, sakitnya itu kadang berjalan sampai kebagian bawah perut, itu buat badan saya sangat lemas, pusing, dan kadang pingsan.Itu kenapa ya dok?Saya habis periksa kalau saya ada infeksi saluran kencing tapi itu saya periksa sudah beberapa minggu yang lalu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam YH,

Nyeri perut bagian bawah bisa disebabkan karena infeksi saluran kemih, infeksi organ reproduksi, infeksi usus, penyakit usus buntu. Nyeri bisa menjalar sehingga terasa nyeri saat BAB dan saat berjalan. 

Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi pada organ berkemih seperti ginjal, ureter dan kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih akan menyebabkan nyeri pada perut bawah. Disarankan untuk pengobatan yang tuntas dan periksa kembali urin Anda untuk mengetahui apakah Anda sudah sembuh.

Pencegahan terjadinya infeksi saluran kemih:

  • bersihkan lubang berkemih dari depan ke belakang
  • minum air yang banyak
  • tidak menahan buang air kecil

Salam sehat,

dr. Joane Rorimpandey

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.