Penyebab nyeri dan ngilu sekujur badan saat sedang sedih dan banyak pikiran

UA Info Penanya: UA, Wanita, 19 Tahun
Dok,sy ingin brtny, ap sy ni uda trmsk psikosomatik berat.. sy ni ud mnkh,sblm'y sy pny gejala ketika ad beban, ad tekanan, lg sedih, yg sy rsa tu dr ht skt ngilu gmn gt smpe ketgn n jari2. Yg pling parah tgan kiri, lma kelamaan sdh ketgan kann jg, dada berasa sesak. Kpla skit smpe ke mata2. Kdang kala.bs ngilu smpe kaki. Tp ini blm sering. Sering x jg gmg sndri tnpa sadar n tnp ngeluarin suara..sy jg biasa menghayal apa aja, kdang smpe nngs cm krna hayalan itu. Sebenar'y sy ini knp dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi mbak UA,

Gejala gangguan persarafan dan otot seperti ngilu dan sakit di kepala dan badan dan tangan dan kadang kaki bilamana psikis sedang tertekan dapat merupakan kumpulan gejala penyakit berikut:
  1. Fibromyalgia. Penyebab fibromyalgia belum diketahui pasti, diduga akibat kurang tidur sehingga fungsi sistem saraf terganggu, ada juga dugaan mutasi gen, dan terakhir karena ketidakseimbangan zat kimia yang mengatur perasaan dan nyeri di otak. Oleh karena itu fibromyalgia kerap dirasakan oleh otak sebagai rasa sakit di banyak bagian tubuh yang berlangsung setidaknya selama tiga bulan, kekakuan otot, dan rasa lelah. Pengobatan fibromyalgia meliputi kombinasi antara obat penahan nyeri, obat penenang saraf, dan obat antidepresi, serta fisioterapi sendi dan otot. Pendekatan oleh psikiater atau psikolog juga bermanfaat untuk memodifikasi pola kerja pikiran yang keliru.
  2. Psikosomatis. Penyakit psikosomatis ialah keadaan dimana tekanan pikiran misalnya akibat cemas atau depresi lalu diikuti berbagai sakit dan dan masalah pada fungsi tubuh, tetapi pada pemeriksaan fisik, lab darah, dan pencitraan rontgen tidak diketemukan kelainan. Diduga pada psikosomatis ada aktivitas listrik yang tinggi dari otak yang banyak pikiran serta sirkulasi hormon stres kortisol yang tinggi. Pada organ yang peka seperti kulit, otot, pencernaan, dan kardiovaskular akan bermanifestasi seperti ambang gatal yanf rendah disertai muncul bentol-bentol spontan, rasa kaku dan nyeri otot yang berpindah-pindah, hipersekresi asam lambung diikuti mual dan kembung, jantung berdebar-debar dan telapak tangan dingin dan berkeringat. Dengan menghentikan tekanan mental pada otak maka gangguan pada organ-organ tubuh akan membaik. Terapi dilakukan dengan meditasi, akupuntur, psikoterapi, dan obat penenang sesuai resep dokter.
  3. Depresi. Depresi ditandai dengan mood sedih dan sikap kehilangan minat yang menetap lebih dari dua minggu. Penyebabnya diduga erhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan ketidakseimbangan zat kimia di otak. Umumnya ada faktor pemicu seperti peristiwa traumatis, kegagalan yang sulit dilupakan, penyakit kronis yang membatasi ruang, dan umunya juga ada faktor keturunan orang tua atau saudara ada yang depresi juga. Gejala depresi pada pikiran ialah selalu merasa rendah diri dan tidak berharga, mudah menangis, serta merasa tidak ada harapan dan masa depan yang lebih baik. Gejala depresi pada fisik atau jasmani ialah kelelahan, selera makan berubah menjadi sedikit atau berlebihan, serta pusing dan nyeri di sekujur badan yang tidak jelas alasannya.

Saya sarankan mbak UA berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis saraf, dokter akan memeriksa kondisi persarafan otak maupun tulang belakang apakah ada kelainan yang sebabkan nyeri terus, dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah untuk melihat apakah ada faktor rematik di dalam badan, gangguan hormon tiroid, atau penyakit kronis yang sebabkan bermacam gejala yang mbak sebutkan. Jika didapati kondisi badan dan darah sehat dan sumber penyakit ialah tekanan batin maka akan diberikan obat nyeri sambil diberikan terapi kecemasan atau depresi oleh psikiater.

Yang dapat dilakukan di rumah ialah:
  1. Mengelola stres dengan baik misalnya meditasi atau yoga.
  2. Berkumpul bersama teman dan sanak keluarga untuk meredakan uneg-uneg yang terpendam.
  3. Pola hidup sehat yaitu makan makanan seimbang kaya sayur buah, membatasi kopi dan rokok dan alkohol, serta pola tidur teratur dan cukup tidur malam minimal 6 jam.
  4. Olahraga teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan anggota badan serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan stres.
  5. Membatasi penggunaan gadget dan media sosial karena ada peneilitian dapat membawa ketidakseimbangan zat kimia di otak dan mood baik pada anak maupun dewasa.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejadian artis bunuh diri harus disikapi secara bijak baik oleh media maupun masyarakat secara umum

Kejadian Artis Bunuh Diri, Benarkah Membuat Banyak Orang Meniru?

Pemberitaan mengenai artis bunuh diri, ternyata bisa berdampak pada meningkatnya angka kejadian bunuh diri di negaranya. Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli.