Penyebab nyeri dada, ulu hati, nyeri tulang belakang ?

DR Info Penanya: DR, Pria, 19 Tahun
Dada dan ulu hati saya sering sakit. Tulang belakang saya juga sering sakit. Darah di gusi saya tidak mau berhenti sudah 1 bulan terus mengalami pendarahan di gusi. Dulu satu bulan yang lalu gejala awalnya itu demam menggigil dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DR.

Keluhan yang anda rasakan tidak bisa digunakan untuk menegakan diagnosis dari suatu penyakit karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Jika dilihat berdasarkan keluhan yang anda rasakan nyeri pada dada dapat disebabkan oleh gangguan pada jantung (penyakit jantung koroner, perikarditis), saluran pencernaan (syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum), Paru (emboli paru, pleuritis), muskuloskeletal (costocondritis, fibromialgia, trauma)

Sementara nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh dispepsia, tukak lambung, gastritis. Nyeri pada tulang belakang bisa diakibatkan gangguan pada otot, tulang, saraf, ligamentum, organ sekitar seperti ginjal.

Perdarahan pada gusi dapat disebabkan karena periodontitis, ginggivitis, leukemia, defisiensi vitamin, trombositopenia, gangguan hormonal misalnya kehamilan.

Sebaiknya periksakan diri ke dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menegakan diagnosa dari keluhan anda.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

AM
28 May 2019, 05:02
Terimakasih atas informasinya, dok..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memahami manfaat puasa untuk kesehatan akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa

Apakah Manfaat Puasa untuk Kesehatan?

Tak hanya untuk memenuhi kewajiban beribadah dan menambah pahal, puasa ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat puasa untuk kesehatan tidak hanya sekedar untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.