Penyebab Napas Cepat dan Sulit BAB pada bayi

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
" dokter saya ingin bertanya, jika anak usia 1 thn keatas susah BAB & nafas nya cepat sampe kurang lebih 55kali selama 1 menit pertanda apa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DP. 

Terimakasih telah bertanya. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda satu persatu. 

Untuk nafas cepat, 

Pernapasan adalah proses pertukaran udara di paru untuk memasukan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Proses pernapasan meliputi inspirasi yaitu memasukan udara ke paru, dan ekspirasi yaitu mengeluarkan udara di paru. 

Pernapasan normal pada anak usia 6-12 bulan adalah 30-60 kali per menit, sedangkan pada anak usia diatas 1 tahun - 2 tahun adalah 22-37x per menit. Pernapasan dihitung pada saat anak istirahat dan tenang, bukan pada saat anak menangis atau setelah aktivitas. 

Pernapasan pada anak dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kondisi demam, ada gangguan metabolik, ada penyakit medis yang mendasari seperti penyakit saluran pernapasan atau penyakit jantung. 

Napas cepat pada anak yaitu melebihi napas normal seperti yang dijelaskan tadi, merupakan tanda tanda anak mengalami sesak napas. Tanda-tanda lain sesak nafas pada anak di antaranya adalah lubang hidung mengembang kempis pada saat bernafas, kulit antara tulang rusuk dan leher seperti tertarik dan terdengar suara atau bising napas tambahan saat bernapas seperti bunyi mengi atau bahkan seperti suara mengorok.

Penyebab anak mengalami sesak napas diantaranya

1. Gangguan pada saluran napas atas. 

Saluran napas atas terdiri dari rongga hidung, rongga mulut, faring, dan laring. Gangguan pada saluran napas atas dapat berupa sumbatan oleh benda asing, contohnya terjadinya sumbatan pada laring oleh kacang atau koin. Selain itu infeksi pada saluran napas atas oleh virus atau bakteri, contohnya pada kasus croup, dapat menyebabkan sesak napas hebat karena penyakit croup dapat menyebabkan pembengkakan pada saluran napas bagian atas sehingga aliran udara terhambat. 

2. Gangguan pada saluran napas bawah 

Saluran napas bawah terdiri dari trakea, bronkus, hingga alveoli. Gangguan pada saluran napas bawah dapat berupa sumbatan oleh benda asing, contohnya terjadinya sumbatan pada bronkus oleh kacang atau koin. Selain itu infeksi pada saluran napas bawah oleh virus atau bakteri juga cenderung dapat mengakibatkan sesak, contohnya pada kasus bronkitis atau bronkiolitis, yaitu terjadi peradangan di bronkus yang dapat menyebabkan sesak napas karena terjadi penyempitan pada bronkus dan juga produksi mukus yang berlebihan pada bronkus. 

3. Penyakit jantung

Penyakit jantung juga dapat terjadi pada anak. Biasanya penyakit jantung pada anak adalah penyakit kongenital atau bawaan lahir, dimana terjadi kelainan struktur pada jantung seperti bocornya dinding jantung, atau tidak menutupnya katup jantung secara sempurna. 

Pada penyakit jantung anak dapat mengalami sesak napas akibat oksigen yang tidak beredar secara sempurna pada aliran darah. 

4. Gangguan metabolik

Gangguan metabolik pada anak dapat terjadi akibat diare parah yang menimbulkan dehidrasi berat, atau pada kasus diabetes pada anak. Sesak napas terjadi akibat gangguan pH darah maupun gangguan ion pada darah. 

Untuk masalah sulit BAB, Anak dikatakan mengalami sulit BAB/sembelit atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai konstipasi dengan gejala berupa : BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, feses yang keras dan sulit keluar, feses yang terlihat seperti bongkahan-bongkahan kecil dan juga keras.

Anak yang mengalami sembelit dapat merasakan sakit saat mengejan. Oleh karena itu, anak cenderung menunda buang air besar (setelah di toilet, anak tidak jadi buang air besar ), sehingga menjadikan sembelit semakin memburuk. Selain itu, anak dengan kondisi ini mungkin menangis tiap kali diajak ke toilet untuk buang air besar.

Konstipasi pada anak dapat disebabkan oleh :

  1. Pemberian susu formula pada anak. 
  2. Anak baru dikenalkan dengan makanan padat baru
  3. Anak mengalami kekurangan cairan
  4. Anak memiliki kondisi medis tertentu ( seperti : alergi susu sapi, penyakit celiac, kadar kalsium yang terlalu tinggi didalam darah, gangguan kesehatan pada kelenjar tiroid, dll.)

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan anak Anda, disarankan untuk memeriksakan anak Anda ke dokter umum atau ke dokter spesialis anak agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan anak Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada anak Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dirumah 

  1. Jaga kesehatan anak dengan memberikan makanan yang mengandung banyak protein, lemak baik, dan sayuran yg tinggi serat seperti daging merah, hati, daging ayam, dan brokoli.
  2. Hindari anak dari asap rokok dan Tidak merokok di dekat anak. 
  3. Berikan anak cairan yg cukup
  4. Perhatikan pemberian susu formula pada anak. 
  5. Perhatikan anak saat sedang bermain agar tidak memasukan benda asing ke hidung maupun mulutnya. 

Jika anak Anda mengalami kondisi seperti

  • Anak menjadi bertambah sesak dan Sangat lemas atau gelisah.
  • Ujung ujung jari dan bibir anak membiru
  • Perut anak membesar disertai gejala tidak kentut dan muntah muntah hebat

Segera periksakan anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat

Salam sehat, 

dr. Sandy Aditya P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya jarang BAB karena ASI terserap secara sempurna

Jangan Heran, Bayi ASI Jarang BAB Itu Wajar

Frekuensi bayi buang air berbeda-beda, ada yang beberapa kali dalam sehari. Namun, bayi ASI jarang BAB karena kandungan dalam ASI bisa terserap sempurna.