Penyebab munculnya nanah berbau di tubuh

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi dokter, saya udah 2 bulan badan bentol2 dan suka bernanah bau gitu penyakit apa ya dokter? apa kena penyakit menular dari orang lain atau? soalnya saya tinggal berdua sama teman di kos
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keluhan bentol-bentol di badan bisa disebabkan oleh banyak faktor, bila bentol-bentol yang muncul hingga bernanah maka Anda harus lebih waspada.

Bentol-bentol pada kulit yang bernanah bisa disebabkan oleh :

  1. Folikulitis.
  2. Furunkulosis.
  3. Abses.
  4. Skabies dengan infeksi sekunder.

Nanah tersebut menandakan adanya reaksi peradangan dan infeksi bakteri. Sebenarnya nanah ini perlu dibuang, namun bila tidak steril maka akan semakin memperparah kondisinya. Sehingga dokter lebih menyarankan jangan dipencet-pencet dan sebagai gantinya kompres dengan air hangat.

Selain itu Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit dengan cara rutin mandi, dan tidak menggunakan peralatan mandi seperti handuk secara bergantian. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta minum air putih minimal 2 liter per hari. Oleskan bedak salisil pada bagian yang bentol atau gunakan salep antibiotik bila bentol sudah disertai dengan nanah.

Bila bentol-bentol semakin banyak atau muncul nanah yang disertai dengan bau busuk, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak ditangani, selulitis dapat menyebar hingga ke dalam darah dan tulang

Kaki Berwarna Merah dan Terasa Nyeri, Awas Bahaya Selulitis Pedis!

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada kulit. Infeksi ini dapat menyebar dan menimbulkan komplikasi yang lebih berat.