Apakah wajar bila timbul flek setelah menstruasi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Dok saya berumur 18 tahun dan blm menikah. Kmrin saya menstruasi slama 9 hari lalu 2 hari berikutnya terdapat flek berwarna coklat. Apakh ini normal dok? Dan apa penyebabnya? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menstruasi dialami wanita semenjak masa puber sampai dengan masa menopause, normalnya siklus menstruasi wanita ini berkisar antara 21 hari sampai dengan 35 hari. Untuk bisa mengetahui siklus menstruasi ini, dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini hingga hari pertama menstruasi pada bulan atau periode berikutnya. Rata-wata wanita bersiklus menstruasi 28 hari. Lamanya menstruasi setiap wanita berbeda-beda, normalnya seorang wanita akan mengalami masa menstruasi selama 2 - 14 hari. 

Perdarahan yang muncul ketika sedang menstruasi biasanya diawali dengan bercak atau flek, kemudian keluarnya darah cair kekentalan, gumpalan, kemudian timbul flek kembali sebagai tanda berakhirnya menstruasi. Warna darah pada saat menstruasi juga beragam mulai dari merah, merah kecoklatan, merah kehitaman, hitam dan juga coklat.

Terkait dengan apa yang telah Anda tanyakan, apabila Anda mengalami menstruasi selama 9 hari, maka masih dalam kategori lama menstruasi yang normal. Sedangkan, timbulnya flek setelah menstruasi, bsia disebabkan oleh adanya sisa perdarahan menstruasi yang sebelumnya. Untuk itu, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian, lakukan istirahat dengan cukup, hindari stres serta kelelahan dan lakukan olah olahraga ringan secara rutin.

Apabila terdapat keluhan terkait dengan siklus menstruasi atau keluhan yang lainnya terkait dengan organ reproduksi wanita, silakan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.