12 Sep 2021, 15:05Kulit & Kelamin

penyebab muncul cacing di kulit

P
Info Penanya: P0
Dokter, apa benar salah satu penyebab gatal pada kulit karena adanya cacing di kulit. Cacing jenis pada yang bisa merusak kulit, dok?
102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PGatal di kulit bisa banyak penyebabnya, yakni alergi, autoimun, iritasi, gigitan serangga, kutu, ataupun berbagai infeksi. Salah satu penyebabnya kulit gatal juga bisa karena infeksi parasit yaitu cacing yang menyerang bagian kulit.

Cacing Di Kulit

Cacing di kulit disebut juga dengan istilah kedokterannya yaitu Cutaneus Larva Migran (CLM) dan berbagai jenis cacing yang bisa menyebabkan CLM adalah Ancylostoma spUncinaria stenocephalaBunostomum phlebotomum, dan Uncinaria stenocephala. Cacing-cacing ini bisa ditemukan pada kotoran hewan yang terinfeksi dan hidup di tanah serta bisa menginfeksi kembali ke hewan atau manusia.

Ciri-ciri Cacing Di Kulit

Cacing ini bisa menembus masuk ke bawah kulit melalui pori-pori dan menimbulkan permasalahan pada kulit. Berbagai gejala dan tandanya meliputi:
  • Jalur berkelok-kelok berwarna kemerahan
  • Kulit terasa gatal
  • Bintik berair atau lepuh
  • Paling sering pada bagian kaki, tangan dan bokong, bahkan sampai pada area kelamin
Namun selain itu cacing ini juga bisa masuk dan menyerang bagian pencernaan jika tertelan telur atau larva muda yang terkandung pada makanan atau menempel di tangan. Jika demeikan cacing tersebut bisa menempel pada usus dan menyerap sari-sari makanan serta menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Mengatasi Cacing Di Kulit

Untuk mendiagnosa cacing di kulit bisa dilakukan dengan melakukan anamnesa, pemeriksaan fisik, dermoskopi, biopsi hingga secara mikroskopik oleh dokter kulit. Cara mengatasi infeksi cacing di kulit adalah dengan krim atau obat minum yang mengandung zat aktif yang dapat membunuh parasit hingga tindakan krioterapi pada kulit.Selain itu cegahlah infeksi cacing di kulit kembali terulang dengan selalu menggunakan alas kaki, rajin cuci tangan, gunakan sarung tangan saat kontak dengan kotoran hewan, dan minumkan obat cacing pada hewan perliharaan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
gatalinfeksi kulitinfeksi cacinginfeksi cacing usus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil