10 Sep 2021, 12:35Mata

Penyebab mata seperti kelilipan

E
Info Penanya: E0
Dokter, saya ingin betanya, setiap hari saya merasakan mata seperti kelilipan, padahal saya cek dimata tidak ada benda asing, tapi seperti ada yang mengganjal. Apa penyebabnya ya, Dok?
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Mata terasa seperti kelilipan tapi tidak ditemukan ada benda asing dimata dapat disebabkan oleh karena mata kering. Gejala dari mata kering adalah rasa mengganjal atau berpasir yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Penyebabnya bisa karena terdapat iritasi, infeksi, jarang berkedip, usia tua dan juga gangguan pada kelenjar air mata.

Mata kering terasa seperti mengganjal

Air mata berfungsi untuk melembabkan mata sehingga sering berada didepan layar elektronik dan terlalu fokus pada pekerjaan tertentu sangat berpengaruh kepada mata kering karena kurang berkedip dan mata menjadi tidak lembab. Sering bekerja dalam lingkungan panas dan berangin atau sering menggunakan kipas angin juga menjadi faktor penyebab keluhan ini terjadi. Untuk mengatasi keluhan, jika saat ini Anda rutin menggunakan lensa kontak sebaiknya istirahatkan mata dengan melepaskan lensa kontak untuk beberapa hari kedepan. Anda dapat menggunakan kacamata untuk menggantikan fungsi lensa kontak bila perlu.Jika mata kering sudah cukup parah, dapat terjadi keluhan perih, berair, gatal, panas dan kemerahan, serta menjadi sesitif terhadap sinar matahari, dan cahaya serta mata akan menjadi mudah lelah, dan pendangan kabur. Untuk mengatasi keluhan ini, teteskan air mata buatan ke mata setiap 2-3jam sekali, serta hindari menggosok mata. Jika keluhan tidak juga membaik dalam 3hari, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan matamata keringair mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil