Penyebab mata rabun dan pendengaran kurang jelas?

HD Info Penanya: HD, Pria
Dok kalo penyebab mata rabun dan pendengaran kurang jelas apa ya.... ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HD

Mata rabun sering dialami banyak orang, terutama rabun jauh dimana benda yang dekat tampak lebih jelas. Terjadinya karena bentuk dari lensa mata mengakibatkan cahaya untuk refraksi (berbelok) dengan tidak tepat pada sel retina. Melainkan fokus cahaya jatuh di depan atau di belakang dari Retina sehingga gambar yang diterima otak menjadi rabun. Sehingga memerlukan lensa tambahan untuk mengubah jalur cahaya, dalam hal ini dapat dibantu oleh penggunaan kacamata atau lensa kontak. Penyebab paling sering adalah faktor keturunan dan bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba pada masa kecil. Sehingga Anda perlu memeriksakan putra dan putri Anda sejak dini untuk memastikan tidak adanya gangguan refraksi. Saat ini sudah ada teknologi untuk mengatasinya, yaitu dengan Lasik. Anda bisa membaca artikel mengenai prosedur operasi Lasik untuk mengatasi mata minus.

Sedangkan untuk pendengaran, biasanya akan berkurang dengan bertambahnya usia. Bisa juga akibat terjadinya perubahan pada struktur telinga (misalnya akibat benturan atau radang) serta paparan jangka panjang dari suara dengan tingkat kebisingan yang tinggi (misalnya pada proyek konstruksi atau yang bekerja di bandara). Kerusakan bisa terjadi pada sel-sel rambut yang bertugas membantu pendengaran. Serta jika ada penyakit kronis seperti diabetes atau hipertensi, penggunaan obat-obat tertentu seperti kemoterapi.

Untuk mengatasinya, dapat konsultasi dan evaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Mata dan Dokter Spesialis THT.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk membantu penderita tuli konduktif mendengar bunyi lebih jelas, pemakaian alat bantu dengar bisa menjadi pilihan

Apa Saja Pilihan Pengobatan Alternatif Telinga Tuli untuk Perbaiki Pendengaran?

Tuli konduktif adalah penurunan kemampuan pendengaran, yang bisa dialami oleh lansia. Ada sejumlah terapi dan pengobatan telinga tuli yang direkomendasikan untuk lansia, seperti implan koklea, dan penggunaan alat bantu dengar (hearing aids).