Penyebab mata kuning

AP Info Penanya: AP
Saya mau menanyakan mengenai mata yang saya rasakan yaitu mata saya selalu terasa perih jika keluar dari rumah, dan juga mata saya terlihat sedikit kuning. Itu penyebabnya kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi mata Anda yang sering perih bisa disebabkan karena mata Anda sedang dalam kondisi kering yang dimana kemungkinan besar terjadi akibat jumlah air mata yang tidak cukup atau kualitas air mata Anda yang tidak baik. Penyakit pada mata yang menyebabkan mata perih adalah konjungtivitis, keratitis.  

Sedangkan kondisi mata kuning bisa disebabkan oleh beberapa masalah medis seperti gangguan pada organ hati, empedu, pankreas, atau pun hal yang lain. Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan mata kuning adalah sirosis hati, batu empedu, hepatitis, kanker pankreas, kelainan darah. Namun, untuk memastikannya lagi, apakah mata kuning yang Anda alami ini karena penyakit yang tadi disebutkan, maka dibutuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Untuk mengurangi gejala mata perih tersebut, Anda dapat menggunakan kacamata jika hendak pergi keluar rumah, gunakan obat tetes mata, jika keluhan tetap terus berlanjut Anda dapat segera konsul ke dokter mata terdekat untuk ditatalaksana lebih lanjut.

Salam sehat,

Dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintitan biasanya hanya terjadi pada satu kelopak mata

Waspadai Benjolan di Kelopak Mata Anak Sebagai Tanda Bintitan

Bintitan adalah infeksi pada kelopak mata yang ditandai dengan munculnya benjolan merah berisi nanah yang menyakitkan. Gejalanya adalah benjolan kemerahan, pembengkakan dan nyeri pada kelopak mata.