Penyebab mata gatal

DC Info Penanya: DC
Dok, kenapa mata saya sudah 3 minggu ini gatal-gatal terus, padahal sudah dikasih obat baquinor dari resep dokter,tetapi tidak ada perubahan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata gatal bisa disebabkan oleh karena beberapa penyakit mata, yaitu:

  • Konjungtivitis alergi: peradangan mata yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat-zat seperti serbuk sari, spora jamur yang bisa terbang terbawa angin.
  • Mata kering: kondisi saat mata tidak memproduksi cukup air mata. Jika mata tidak cukup menghasilkan air mata, ini akan mengganggu penglihatan, terasa perih, gatal atau seperti ada yang mengganjal, mata memerah.
  • Peradangan kelopak mata: kondisi meradangnya kelopak mata yang terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di dasar bulu mata tersumbat. Kondisi ini membuat mata jadi mudah teriritasi dan kelopak mata bengkak.
  • Penggunaan lensa kontak: menggunakan lensa kontak yang terlalu lama dapat menimbulkan iritasi pada mata. Sehingga mata terasa gatal dan perih. 

Untuk mengatasi mata gatal, Anda dapat melakukan mengompres mata dengan lap bersih yang sudah dicelupkan ke air atau dengan memberikan obat tetes mata. Tetapi, untuk mengatasi mata gatal yang paling efektif adalah dengan langsung mengatasi penyebabnya. Misalnya, apabila kondisi Anda disebabkan mata kering. Untuk itu, berkonsultasi dengan dokter mata Anda agar mendapat penanganan yang tepat.

Hal-hal yang perlu dihindari saat mata mulai gatal yaitu jangan menggosok mata yang gatal. Karena melakukan hal tersebut akan melepaskan lebih banyak histamin yang membuat mata semakin parah. Mata bisa menjadi iritasi dan kemerahan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi

Mengatasi Mata Merah Akibat Mata Kering, Bagaimana Caranya?

Mata kering dapat menyebabkan mata merah dan berisiko terkena infeksi. Mata yang kering disebabkan oleh jumlah air mata yang kurang atau komposisi air mata yang tidak seimbang. Untuk mengatasi mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata, mengubah kebiasaan, dan tindakan operasi.