Penyebab lemas, pusing dan sakit punggung ?

WW Info Penanya: WW, Pria, 19 Tahun
Apa penyebab bdan terasa lemas dan pusing . Punggung sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WW.

Pusing merupakan suatu sensasi seperti melayang, merasa hilang keseimbangan, perasaan lingkungan berputar. Lemas merupakan kondisi dimana seseorang merasa tidak bertenaga. Penyebab pusing dan lemas sangat beragam seperti hipoglikemia atau gula darah rendah, hipotensi atau tekanan darah rendah, infeksi kuman (virus, bakteri, dll), vertigo, migrain, gangguan di mata (mata rabun, astigmatisme, dll), efek samping obat, stres berlebihan.

Sementara sakit punggung biasanya disebabkan karena adanya gangguan pada salah satu atau lebih struktur berikut ini yaitu otot (strain,fibromialgia), saraf, tulang (cervical syndrome, trauma), atau bisa merupakan suatu penjalaran nyeri dari organ lain di sekitarnya. Penyebab lainnya bisa karena postur tubuh yang salah misalnya posisi duduk yang tidak benar, salah saat mengangkat atau membawa barang.

Gejala yang anda rasakan tidaklah spesifik, pusing dan lemas bisa merupakan diagnosa tersendiri ataupun bisa akibat dari nyeri punggung yang anda alami. Untuk mengetahui secara pasti penyebabnya, sebaiknya ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut yakni anamnesa (tanya-jawab), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang agar dapat di ketahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan :
- Kompres air panas atau dingin pada punggung yang terasa nyeri
- Dapat di massage/fisiotherapi
- Minum obat penghilang nyeri seperti paracetmol
- Istirahat cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
- Konsumsi makanan bergizi, buah-buahan

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan vertigo dapat berbentuk latihan gerakan dan konsumsi obat-obatan

Atasi Masalah Pusing Anda dengan Menggunakan Pengobatan Vertigo Ini

Pengobatan vertigo dapat berbentuk latihan gerakan dan konsumsi obat-obatan. Latihan gerakan menggunakan manuver Epley dimaksudkan untuk mengurangi gejala dan memecah kristal penyebab vertigo. Sementara itu, konsumsi obat-obatan dapat mengatasi gejala yang timbul.