Penyebab kulit jadi putih setelah penggunaan salep

BU Info Penanya: BU, Pria, 19 Tahun
dok, saya waktu itu suntik keloid lalu di beri saleb racikan dari dokter, setelah sembuh dan rutin memakai saleb kenapa di sekitaran bekas luka keloidnya jadi berubah warna menjadi putih sekali dan lebar? apa bisa warna kulit saya kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BU.

Perubahan warna kulit yang anda rasakan kemungkinan penyebabnya adalah karena efek samping penggunaan jangka panjang obat yang diberikan, dalam hal ini dicurigai golongan obat steroid. Keluhan ini disebut sebagai hipopigmentasi dimana warna kulit menjadi lebih terang dibanding kulit sekitarnya. Tidak dibutuhkan tindakan medis tertentu karena keluhan akan menghilang setelah penghentian obat tersebut, bisa berminggu sampai berbulan-bulan. Namun, untuk memastikannya sebaiknya anda ke dokter agar diperiksa secara langsung.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.