Penyebab kulit jadi putih setelah penggunaan salep

BU Info Penanya: BU, Pria, 19 Tahun
dok, saya waktu itu suntik keloid lalu di beri saleb racikan dari dokter, setelah sembuh dan rutin memakai saleb kenapa di sekitaran bekas luka keloidnya jadi berubah warna menjadi putih sekali dan lebar? apa bisa warna kulit saya kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BU.

Perubahan warna kulit yang anda rasakan kemungkinan penyebabnya adalah karena efek samping penggunaan jangka panjang obat yang diberikan, dalam hal ini dicurigai golongan obat steroid. Keluhan ini disebut sebagai hipopigmentasi dimana warna kulit menjadi lebih terang dibanding kulit sekitarnya. Tidak dibutuhkan tindakan medis tertentu karena keluhan akan menghilang setelah penghentian obat tersebut, bisa berminggu sampai berbulan-bulan. Namun, untuk memastikannya sebaiknya anda ke dokter agar diperiksa secara langsung.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memutihkan selangkangan bisa dilakukan dengan alami maupun obat dokter

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami dan Medis

Kulit di area lipatan tubuh, seperti selangkangan, seringkali tampak lebih gelap. Kondisi ini sebetulnya tidak membahayakan, tapi tetap saja mengganggu bagi sebagian orang. Jika tertarik, Anda boleh mencoba sendiri cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami. Namun bila ingin hasil cepat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.