Penyebab kulit gatal dan bentol saat digaruk

Z Info Penanya: Z, Wanita, 22 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Saya mengalami gatal gatal dibadan kurang lebih sudah 4 bulan. Sudah berobat tapi nggak sembuh2. Awalnya sedikit yg lalu menyebar ke mana2. Sekarang daerah tangan saya muncul bentol bentol berair dan luka luka akibat saya pencet dan mengelupas. Garukan yang saya lakukan pada luka saya nanti bentol bentol tapi hilang dengan sendirinya kalo sudah mulai mereda gatalnya. Dan dibadan saya ada bintik bintik merah juga terlepas dari bentol tadi. Kebetulan kulit saya sensitif dengan sentuhan yang keras, memang akan muncul bentolan didaerah yang terbentur atau tergores yang nantinya akan hilang sendiri juga. Kira kira apa ya dok penyakit saya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Z, 

Kulit gatal dan Bentol yang muncul karena garukan disebut dengan dermatografism. Dermatografism muncul karena kulitterlalu sensitif terhadap sentuhan, tekanan atau gesekan. Hal ini dapat dikategorikan penyakit urtikaria / biduran fisik. Urtikaria dapat terjadi saat tubuh bereaksi dengan suatu zat yang mencetuskan tubuh melepaskan histamin ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal dan bengkak. Pada urtikaria fisik, stimulasi fisik seperti suhu panas, dingin, sinar matahari, tekanan, getaran atau keringat bis amencetuskan terjadinya urtikaria.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • hindari menggaruk kulit
  • hindari mandi dengan air hangat
  • menggunakan krim pelembab kulit
  • hindari penggunaan baju yang terlalu ketat
  • menggunakan baju hangat di daerah dingin

Apabila keluhan masih berlanjut sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit

Salam Sehat,

dr. Joane Rorimpandey

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh Z
20 Sep 2019, 11:58
Apakah itu menular dok?
Dibalas oleh RA
23 Sep 2019, 00:49
Udah coba pake paketan tienshi belum bu? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja bu di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.