15 Sep 2021, 08:55Penyakit Lainnya

Penyebab kolesterol tinggi pada anak

D
Info Penanya: D0
Dokter, apa benar jika orang tua memiliki penyakit kolesterol akan menurunkan kepada anaknya? Soalnya, kemarin anak saya sakit dan setelah diperiksa memiliki kolesterol tinggi pada anak. Kebetulan suami saya juga memiliki penyakit ini. Penyebab anak bisa kolesterol apa dok? mengatasinya bagaimana apa boleh diet kalo masih anak-anak? Makasih dok
42 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, DTerima kasih atas pertanyaannya.Kolestrol tinggi memang identik dengan penyakit pada dewasa namun ternyata kolesterol tinggi juga dapat mengenai anak-anak dimana ketika kolestrol tinggi tidak terkontrol juga dapat menimbulkan gangguan di jantung serta risiko stroke.  

Penyebab kolestrol tinggi pada anak :

  • Faktor keturunan. Biasanya orangtua yang menurun pada anak. 
  • Pola makan kurang terjaga. 
  • Anak mengalami obesitas.  
Jadi bila suami memang ada riwayat bisa jadi hal tersebut yang menurun pada anak.  Anak boleh melakukan diet untuk mengontrol kolesterol yang tentunya diatur sedemikian rupa agar tidak menganggu kebutuhan penting sebagai penunjang pertumbuhannya.

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada anak :

  • Kurangi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans.  Biasanya terdapat pada makanan gorengan, biskuit, kulit ayam, daging merah berlemak.  Lemak jenuh pada anak hanya dapat dikonsumsi sekitar 7% dari kalori total anak seharinya. 
  • Ajak anak untuk melakukan olahraga yang menyenangkan untuk seusianya, misal bersepeda, jalan santai, dan berenang. 
  • Beri anak makanan tinggi serat seperti oat, yoghurt rendah lemak, sereal yang kadar gula rendah, buah-buahan untuk porsi makan sarapan. 
  • Pilih cara masak dengan di panggang atau direbus. 
  • Hindari pula pemberian makanan dan minuman kemasan, begitupun dengan soda dan sirup. 
Lakukan pemeriksaan berkala dengan dokter spesialis anak guna evaluasi apakah dengan perubahan gaya hidup kolestrol stabil atau memang memerlukan pengobatan lanjutan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit anakmakanan sehatkolesterolhidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil