10 Sep 2021, 13:55Penyakit Lainnya

Penyebab kolestasis pada bayi

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, saya seorang ibu rumah tangga baru saja melahirkan. Nah, tiba tiba dokter bilang bahwa anak saya belum boleh pulang karena kemungkinan mengalami kolestasis. Apakah penyakit kolestasis pad abayi cukup berbahaya?
85 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Kolestasis pada bayi adalah kondisi dimana produksi empedu dari sel hati menuju usus mengalami gangguan sehingga dapat meningkatkan produksi bilirubin dan mempengaruhi kerja hati hingga risiko kematian pada bayi.  Biasanya kolestasis pada bayi ditemukan pada 2 minggu pertama setelah kelahiran.  Kolestasis pada bayi ini dapat disebabkan oleh infeksi baik karena bakteri atau virus, gangguan metabolisme, kelainan kromosom, kelainan pada saluran empedu, serta efek racun pada masa kehamilan.  

Gejala kolestasis pada bayi :

Kolestasis pada bayi termasuk jarang terjadi dan merupakan kondisi yang memerlukan penanganan sedini mungkin untuk memastikan apa penyebab kolestasis pada bayi dan mencegah timbulnya kerusakan permanen pada hati hingga risiko kematian bayi.  

Mengatasi kolestasis pada bayi :

  • Pengaturan asupan nutrisi yang kalorinya disesuaikan termasuk pemberian vitamin A, D, E, dan K. 
  • Menggunakan susu formula khusus yang mengandung trigliserida. 
  • Tindakan operasi jika terjadi perburukan dan terdapat kelainan pada saluran empedu.  
Karena kolestasis pada bayi termasuk kondisi yang berbahaya jika tidak segera ditangani.  Untuk itu mengapa dokter spesialis anak belum memperbolehkan anak anda untuk pulang agar dapat diperiksa lebih lanjut terkait diagnosa kolestasis pada bayi.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
penyakit kuningbayi baru lahirkolestasis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil