26 Apr 2019, 07:45Jantung

Penyebab Ketidaknyaman pada dada kiri

AP
Info Penanya: AP, Pria, 19 Tahun
Selamat Siang Dokter, Saya laki" berusia 29 tahun, sudah 6 bulan belakangan ini saya merasa tidak nyaman di dada sebelah kiri atas dan bawah di sekitaran jantung. Sudah 3x saya merasakan sesak seperti kesulitan nafas, seperti nafas saya pelan sekali kemudian yang saya rasakan dari ke dua kaki dingin dan merinding menjalar sampai ke tengkuk belakang leher serasa merinding, kepala juga merinding kemudian diiringin serasa agak nafas pun sulit dan pikiran terasa panik jadinya, dan berkeringat secara berlebihan. Sewaktu kejadian seperti itu saya langsung minum air panas" byk", ksi minyak gosok ke seluruh badan dan saya mandi air panas. yang saya mau tanyakan dokter apakah itu gejala sakit jantung atau asam lambung? Soalnya saya pernah ke refleksi saya ada asam lambungnya klo jantung tidak ada indikasi katanya Dan apa kira" faktor penyebab nya dan makanan apa yg harus saya di hindari? Dulu riwayat saya kuat merokok dan minuman alkohol dokter. Terimakasih Dokter.
35029 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat pagi, A.Ketidaknyamanan pada dada sebelah kiri bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot),Psikosomatik. Gangguan pada sistem organ tersebut bisa dirasakan sebagai ketidaknyaman ataupun nyeri dada.Penyebab nyeri dada:
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, diseksi aorta, perikarditis.
2. saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti emboli paru, pleuritis
4.Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.
Dari keluhan yang anda rasakan, dan sebelumnya mempunyai riwayat merokok dan konsumsi alkohol, perlu di lakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Sebaiknya segera periksa ke dokter jika keluhan masih menetap. Dokter perlu informasi tambahan tentang keluhan yang ada rasakan seperti sejak kapan, berapa lama keluhan berlangsung, ada faktor pemicu, ada keluhan tambahan seperti mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang lainnya seperti rekam jantung (EKG).Pengobatan sementara yang anda bisa lakukan
-Hindari makan pedas dan asam
-Hindari minum bersoda, cafein, beralkohol
-Jangan merokok
-Makan porsi sedikit tapi sering
-Berpikir positif (hindari stress)
Salam sehat.
asam lambungstresnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil