Penyebab kesemutan? Setelah minum obat kolesterol tidak ada perbaikan

EA Info Penanya: EA, Pria, 33 Tahun
Saya pernah cek kolesterol dan telah menunjukan angka 240 krn tangan dan jg kaki sering kesemutan.. Trus apa saja makanan yg dilarang dan yang dianjurkan buat penderita kolesterol tinggi krn saya sudah makan obat simvastatin sepapan tp masih sering kesemutan jg,,? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Kesemutan atau yang disebut parestesia biasanya disebabkan karena ada saraf yang tertekan sehingga aliran menjadi tidak lancar. Penyebab kesemutan disebabkan oleh ketika kaki duduk bersila terlalu lama, memakai sandal yang terlalu kecil, ketika posisi tidur saat kepala menindih lengan atau karena kondisi tertentu seperti carpal tunnel syndrome, banyak minum alkohol, kekurangan vitamin B1, B6, B12 atau E, usia lanjut, efek samping obat, penyakit diabetes atau penyakit ginjal.

Gejala yang ditimbulkan mati rasa, lemah pada tangan dan kaki, terasa geli, terasa ditusuk-tusuk, kadang terasa sakit. Jika setelah pengobatan kolesterol dan telah menjaga pola makan, masih terasa kesemutan disarankan untuk ke dokter mencari tahu penyebab yang lain. Untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi harus dikurangi makanan berlemak seperti santan, jeroan, daging yang berlemak. Perbanyak makan sayur dan buah.

Untuk mengurangi rasa kesemutan disarankan: rutin berolahraga, menghindari konsumsi alkohol dan rokok, pola makan sehat, menjaga berat badan ideal, mengobati penyakit mendasar. 

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.