Penyebab keputihan pada wanita warna putih keruh

SV Info Penanya: SV, Wanita, 23 Tahun
Dok saya kemaren habis usg tapi belum terlihat ada kantong hamilnya,tapi di testpack positif dok,kata dokter usia kandunganku 5w,dan harus kontrol 2w lagi untuk melihat perkembangan,tapi ini aku keputihan cair gt dok warnanya putih tapi keruh,trs jg gatal.menutut dokter wajar kah itu?misal mau di obatin harus gimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SV,

Keputihan pada wanita adalah hal yang normal dimana keputihan juga bisa menjadi tanda hamil tetapi jika terjadi perubahan pada cairan keputihan seperti menjadi putih, kuning, atau kehijauan, jumlahnya semakin banyak, terasa gatal, timbul bau yang khas, nyeri perut ataupun keluhan lain maka bisa merupakan hal yang tidak normal. 

Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya karena keputihan bisa terjadi karena infeksi bakteri, jamur, ataupun parasit, selain itu juga bisa timbul karena penyakit menular seksual. Jika saat ini timbul tanda hamil dan terjadi keputihan. Ada baiknya memastikan keputihan tersebut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar diberikan penanganan. Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan dan diberikan pengobatan apabila penyebabnya jamur maka diberi antijamur dan jika penyebabnya bakteri diberik antibiotik yang aman pada kondisi hamil. 

Upayakan menjaga kebersihan organ intim dengan tidak mencuci menggunakan sabun khusus, rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan segera lakukan pemeriksaan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan sambal saat hamil tidak berbahaya bagi janin jika porsinya sedikit

Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?

Meskipun aman, makan sambal saat hamil adalah hal yang perlu menjadi perhatian ibu hamil. Pasalnya, hal ini lebih memengaruhi sang ibu daripada bayi yang dikandungnya.