29 Mar 2021, 22:12Kandungan

Apakah berbahaya keputihan yang kecoklatan?

RN
Info Penanya: RN0
Saya sudah suci selama 5-6 hari dok tetapi masih keputihan berwarna coklat, tidak bau, dan tidak gatal, itu kenapa ya dok? Apakah berbahaya?
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, RNTerima kasih atas pertanyaannya.Keputihan adalah lendir yang dikeluarkan vagina terutama saat wanita akan mengalami haid, memasuki masa subur, kehamilan, penggunaan KB hormonal, stres, serta hubungan intim.  Keputihan dikatakan normal ketika tidak berbau, berubah warna serta tidak menimbulkan gatal dan panas di vagina.  Ketika vagina berubah warna maka dapat termasuk pada keputihan abnormal.

Penyebab keputihan berubah warna :

  • Putih kekuningan tanda dari infeksi jamur candida yang disertai dengan gatal di vagina dan berbau.
  • Kuning kehijauan berarti infeksi bakteri yang juga disertai rasa gatal, panas, dan berbau.
  • Merah atau coklat kehitaman seringnya akibat sisa darah haid sebelumnya yang baru keluar setelah haid ataupun adanya gangguan di rahim.
  • Putih kental tanpa gatal dan bau merupakan tanda dari wanita memasuki waktu ovulasi.
Terkait yang anda tanyakan, jika keluhan ini tidak berulang di siklus haid selanjutnya maka tidak perlu khawatir.  Namun jika berulang saat siklus haid selanjutnya, periksa ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan pengecekan pada rahim apakah ada gangguan di rahim atau hanyalah faktor hormonal saja.Saat ini anda dapat perbanyak air putih, hindari stres dan cemas, kurangi begadang dan kafein, jaga berat badan seimbang, olahraga teratur untuk selalu menjaga kestabilan hormonal. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidmenstruasikeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil