Penyebab kepala pusing berputar sampai muntah

SA Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Nama saya ajeng Stevani umur saya 16th izin bertanya dok kenapa ya sudah 3bln ini saya sering merasa pusing yg luar biasa kalau pagi dan sore hari? Kadang sampai muntah' karena sangking pusingnya saya juga pernah hingga jatuh dokter merasakan pusing itu kadang juga saya sering mrsa kunang' gitu dan pusingnya itu semuanya nampak berputar dan kepala ini seperti ada yang menekan dengan kuat itu kenapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Pusing berputar adalah gejala yang dapat dirasakan ketika mengalami sejumlah gangguan kesehatan seperti diakibatkan oleh vertigo, darah rendah, dehidrasi, kurang kadar gula dalam darah atau hipoglikemia, anemia atau kurang darah, ataupun disebabkan faktor lain seperti gangguan keseimbangan, alergi obat, infeksi telinga dan gangguan psikis. Mabuk perjalanan juga bisa menjadi pemicunya.

Untuk itu perhatikan apa yang menjadi pemicu pusing berputar salah satunya pola hidup seperti tidak boleh terlalu kecapekan, hindari melewatkan waktu makan atau terlambat makan, perbanyak minum air putih, hindari gerakan cepat yang tiba-tiba saat berubah posisi seperti dari tidur ke berdiri, konsumsi jahe atau minuman manis jika merasa kekurangan gula, dan upayakan melakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter agar diketahui penyebabnya.

Nantinya akan dilakukan tanya jawab mengenai kondisi yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, rekam jantung, pemeriksaan keseimbangan, ataupun pemindaian dengan CT scan atau MRI jika diperlukan.

Jika pingsan, disertai gangguan pendengaran, muntah hebat, sulit membuka mata, badan lemah sebelah, sakit dada, kejang, sakit kepala hebat maka perlu segera mendapatkan penanganan di fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anemia ada beragam, seperti lemas, sesak napas, hilang nafsu makan, hingga kulit menjadi pucat

Tidak Hanya Lemas, Gejala Anemia Lain Juga Perlu Anda Kenali

Gejala kurang darah atau anemia yang selama ini diketahui, umumnya hanya badan terasa lemas. Padahal, gejala anemia tidak hanya itu. Gejala anemia juga bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis anemia yang diderita.