Penyebab keluar keputihan pada perempuan

ZG Info Penanya: ZG, Pria, 2019 Tahun
Apa peyebap perempuan keluar keputihan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ZG

Keputihan atau flour albus merupakan pengeluaran cairan putih dari vagina yang berisi sel mati dan kuman. Kondisi keputihan akan normal pada wanita yang akan dan telah menstruasi, sedang hamil atau menggunakan kontrasepsi IUD. 

Kondisi keputihan yang tidak normal terjadi jika pengeluaran keputihan bersifat banyak, berbau, gatal dan berwarna kuning atau hijau. Hal tersebut dapat menjadi tanda infeksi bakteri vaginitis atau tanda infeksi menular seksual.

Jika terdapat keputihan sebaiknya di cuci bersih, anda juga harus menjaga kebersihan alat kelamin, jangan memakai celana terlalu ketat, hindari pemakaian sabut cebok vagina karena dapat menghilangkan flora normal yang digantikan dengan bakteri jahat, juga disarankan untuk tidak melakukan hubungan sexual yang beresiko tanpa kondom karena dapat memicu penyakit menular sexual seperti gonorhea, klamidia, sifilis dan herpes. 

Jika keputihan terlalu banyak sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (Sp,OG)

Salam sehat

dr.Zulham 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.