Apakah penyebab keluar bercak darah setelah menstruasi?

DK Info Penanya: DK
Sore,,dok saya remaja ber umur 19 tahun belum menikah,,tgl 7 april 20 saya baru selesai haid tgl 13 april 20 keluar lagi bercak darah kecoklatan tapi tidak merasakan sakit atau pun kram perut apakah itu wajar?? soalnya baru kali ini saya mengalami keluar lagi bercak darah setelah 1 minggu beres haid,,dan sudah 5 hari ini bercak darah nya masih ada apakah itu berbahaya??apa yg harus saya lakukan??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DK.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi atau haid adalah keluarnya darah dari vagina, hal ini terjadi karena adanya peran hormonal pada wanita. Lamanya menstruasi dikatakan normal jika berkisar antara 2- 14 hari, umumnya sekitar 3-7 hari. Siklus menstruasi dikatakan normal dalam 21-35 hari, umumnya wanita mengalami 28 hari. Untuk menghitung siklus menstruasi, awali pada hari pertama menstruasi terakhir sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. 

Adapun beberapa penyebab perdarahan diluar siklus menstruasi adalah sebagai berikut: 

  • Adanya luka/cedera dari organ reproduksi wanita
  • Masalah hormonal
  • PCOS
  • Stres
  • Terlalu banyak aktivitas/kelelahan
  • Spotting/flek sisa dari siklus menstruasi sebelumnya
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika flek atau bercak darah terjadi setelah menstruasi kemungkinan dikarenakan spotting atau flek dari sisa siklus menstruasi sebelumnya. Jika hal ini hanya pada 1 kali siklus menstruasi hal tersebut masih bisa dikatakan normal. Namun, jika hal ini terjai berulang kali, maka sebaiknya melakukan kunjungan ke dokter spesialis kandungan supaya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG.

Pastikan Anda tetap mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, rutin melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, serta cukupi kebutuhan cairan dengan minum air. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.