Penyebab kedutan di mata kanan atas

CC Info Penanya: CC, Wanita, 31 Tahun
dokter, apa ya penyebabnya kedutan di mata kanan atas itu? kenapa hampir setiap hari saya mengalami kedutan di kelopak mata sebelah kanan? apa benar kata temen saya itu tandanya akan menangis? bagaimana cara biar kedutan itu hilang dokter? maaf kalo pertanyaan saya cukup banyak terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata kedutan merupakan keadaan kelopak mata yang bergerak berulang tanpa dapat disadari dan dikendalikan. Dalam bahasa medis dikenal dengan miokimia. Umumnya kedutan tersebut terjadi pada bagian atas kelopak mana, namun, terkadang kedutan tersebut dapat juga terjadi pada bagian bawah

Secara umum, keluhan kedutan mata dipercaya disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah :

  • stres
  • kelelahan
  • konsumsi kafein atau alkohol berlebihan
  • cahaya terlalu terang
  • merokok
  • palusi udara dan hembusan angin
  • gangguan pada salah satu sel saraf di mata yang dipengaruhi oleh keadaan genetik
  • gangguan atau konsidi medis pada pembuluh darah yang memicu iritasi pada saraf wajah

Terkait dengan keluhan yang Anda alami dan pertanyaan Anda tentang kedutan mata yang dialami pada mata kanan memang seringkali dikaitkan dengan beberapa mitos, namun secara medis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang telah dipaparkan diatas, serta dapat pula terjadi karena kerja mata yang berlebihan dalam menggunakan komputer atau telpon genggam, defisiensi mineral tertentu khususnya magnesium, adanya reaksi alergi, dan sindroma mata kering.

Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Mata dan apabila keluhan yang dirasakan disertai dengan mata merah, mata bengkak, kelopak mata atas yang cenderung turun, kelopak mata yang tertutup setiap kedutan muncul, kedutan di bagian otot wajah lainnya atau kelemahan pada otot wajah, segeralah datangi fasilitas kesehatan darurat.

Sementara Anda dapat mencoba mengatasi keluhan tersebut dengan menggunakan tetes mata yang berisi air mata buatan, menghindari konsumsi kafein yang berlebih, konsumsi makanan yang kaya akan magnesium, istirahatkan mata menatap secara berkala saat menatap layar komputer dan mencukupi kebutuhan istirahat malam.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengoleskan kantung teh hitam juga bisa menjadi cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis.

4 Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

Kucuran air mata tak bisa selamanya ditahan. Di saat harus putus dengan kekasih, atau ditinggal oleh anggota keluarga selamanya, menangis adalah hal yang sangat wajar. Ini normal dialami manusia. Begitu pula dengan mata bengkak yang muncul sesudahnya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan mata bengkak setelah menangis?