09 Jan 2020, 21:37Penyakit Lainnya

Apa penyebab kaki sakit dan bengkak?

KK
Info Penanya: KK, Wanita, 18 Tahun
Dok saya mau nanya, hampir setiap hari saya ketika bangun tidur telapak kaki terasa sakit dan bengkak, kira² itu ada hubungannya enggak sama siklus mentruasi ya?
22807 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, K.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Kondisi telapak kaki sakit dan terasa bengkak sesaat habis dari posisi duduk atau berbaring, itu sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bermacam-macam. Telapak kaki sakit biasanya terjadi pada kaki daerah bola-bola kaki, mata kaki, telapak, dan terkadang bepengaruh hingga ke betis dan lutut. Aktivitas dan kegiatan Anda sehari-hari juga bisa menjadi pemicunya seperti terlalu banyak berdiri, sering naik turun tangga, dan aktivitas lain yang membuat kaki bekerja lebih.

Penyebab yang sering menyebabkan kaki terasa sakit yaitu:

  • Plantar fasciitis: kondisi peradangan pada ligamen penyambung dari tumit ke jari kaki akibat adanya iritasi pada ligamen.
  • Disfungsi tendon tibialis posterior: peradangan yang terjadi pada tendon tibialis posterior sehingga bisa menyebabkan nyeri dari telapak kaki hingga tungkai dan bisa terjadi bengkak.
  • Pronasi yang berlebihan: dimana saat telapak kaki menapak di permukaan saat kondisi berjalan atau berlari, bagian tepi luar telapak kaki mendarat lebih dulu di tanah baru menyusul bagian telapak kaki lainnya sehingga kondisi ini meyebabkan resiko terjadinya cedera pada otot, ligamen, dan juga tendon di telapak kaki.
  • Kaki cakar: ini biasanya karena faktor genetik, stroke, cerebral palsy. Bentuk kaki cenderung lebih melengkung di banding kaki yang lainnya.
  • Sindrom tarsal tunnel: dimana sistem saraf utama terjepit oleh tulang atau jaringan sehingga menimbulkan rasa panas, terbakar, dan nyeri.
  • Metatarsalgia: nyeri di bola-bola kaki akibat sering menjadikan bola-bola kaki tumpuan sehingga terjadi radang dan nyeri.
Kondisi yang Anda alami ini bisa jadi penyebabnya karena salah satu dari penjelasan diatas atau bisa juga karena kondisi medis yang lain. Bengkak di kaki juga karena saat posisi tidur kaki sejajar dengan badan sehingga terkadang membuat aliran darah tidak selancar saat berdiri karena melawan gravitasi. Jadi, saat bangun tidur, kaki terasa agak bengkak dan nyeri. Pada saat menstruasi, memang kondisi tubuh terkadang terasa sakit dan seperti tidak enak badan, tapi itu tidak berhubungan dengan kondisi kaki Anda yang sering sakit dan bengkak. Untuk itu, saya sarankan Anda periksa langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat ditangani dengan tepat.Salam sehat,dr. Ester
nyeri sendikakiplantar fasciitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil