Penyebab jika keluar darah saat BAB

TJ Info Penanya: TJ, Pria, 2019 Tahun
Apa penyebab jika keluar darah pada saat BAB
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TJ

Keluarnya darah saat buang air besar dapat disebabkan beberapa kondisi seperti BAB keras yang membuat lecet anus, efek obat-obatan pengencer darah aspilet warfarin, hemorrhoid/ambaien, polip dan tumor rektum.

Pada saat kurang minum dan konsumsi serat biasanya BAB menjadi keras, hal ini membuat lecet dan perlukaan pada anus sehingga dapat mengeluarkan darah. Kondisi lain yang memicu perdahan saat BAB adalah pelebaran pembuluh vena di anus atau hemorrhoid/ambaien, biasanya disertai benjolan di anus yang nyeri dan berdarah, darah yang keluar sering menetes. 

Orang yang memiliki masalah pada jantung atau sedang mengkonsumsi pengencer darah seperti warfarin dan aspilet dapat mengalami pemanjangan waktu perdarahan sehingga mudah mengalami pecah pembuluh darah dan perdarahan, salat satu perdarahan sering terjadi saat BAB.

Penyebab perdarahan saat BAB juga sering pada pasien dengan polip atau tumor usus termasuk pada rektum, biasanya darah yang keluar segar, disertai nyeri perut. 

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mencari tahu penyebab dan tatalaksana BAB berdarah. Anda juga sebaiknya sering minum air putih, konsumsi makanan berserat agar BAB lancar, olahraga teratur dan hindari merokok

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang

Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Pemulihan Patah Tulang

Ikan, kuning telur, hingga jamur merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang.