Penyebab Ingus Berdarah dan Cara Mengatasinya

CV Info Penanya: CV, Wanita, 21 Tahun
Halo Dokter,Saya ingin tanya, apa sebabnya ingus berdarah? Satu minggu lalu saya mengalami sakit kepala terutama dibagian belakang mata sebelah kiri, dan itu berlangsung berhari-hari. Tidak lama kemudian saya terserang flu, awalnya kotoran (ingus) yang di keluarkan normal-normal saja, tetapi sudah beberapa hari ini ingus tersebut mengeluarkan darah. Mohon penjelasannya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu CV,

Keluarnya ingus yang bercampur darah dari hidung, bukan merupakan kondisi yang normal terjadi. Pada umumnya keluar ingus bercampur darah disebabkan karena pecahnya pembuluh darah kapiler yang sangat tipis yang memperdarahi daerah hidung. Pecahnya pembuluh darah kapiler ini dapat disebabkan karena trauma atau adanya luka, meniup ingus terlalu keras, dan pengaruh  perubahan udara yang ekstrim, dll. Dalam kondisi serius bisa disebabkan karena adanya proses keganasan yang serius dan harus segera ditangani.

Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Telinga,  Hidung dan Tenggorokan (THT) terdekat untuk melakukan kontrol dan konsultasi lebih lanjut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.