Penyebab hidung tersumbat dan nyeri tenggorokan?

DI Info Penanya: DI, Wanita, 2019 Tahun
dokter saya ingin bertanya,kenapa ya dok hidung saya yang sebelah kiri sering tersumbat tapi gak pilek dan untuk nafas gak plong,terus leher kiri saya rasanya juga berat dan kaku jadi pusing dok kepala yang kiri,ternggorokan kiri rasanya juga kadang nyeri buat nelan makanan kaya ada yang ganjel juga dan terkadang telinga sebelah kiri juga gatal dok,itu kira" gejala apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DI

Hidung tersumbat, dan nyeri tenggorokan adalah gejala yang dapat diakibatkan oleh peradangan di saluran napas atas. Gejala ini disebabkan karena adanya peradangan pada sel mukosa di saluran napas atas yang akan menyebabkan pembengkakan di mukosa hidung dan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Proses peradangan juga dapat menimbulkan gejala luas seprti menimbulkan pegal pegal, pusing, terasa cepat lelah, dan badan demam. Gejala lain yang dapat terjadi pada peradangan di saluran napas atas antara lain flu, batuk, pilek, dan bersin bersin. 

Penyebab lain yang memungkinkan terjadinya gejala seperti anda rasakan diantaranya: 

  1. Penyakit alergi atau auto imun
    Alergi dan penyakit auto imun menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat dari luar tubuh atau sel sel tubuh sendiri. Penyakit alergi seperti rhinitis alergi, dapat menyebabkan pilek, hidung tersumbat, dan bersin bersin berulang. Alergi pada dasarnya kondisi yang sulit hilang, dan akan kambuh kambuhan selama zat pencetus alergi sering terpapar pada penderita alergi.
  2. Gangguan pada saluran pernapasan atas
    Infeksi dan adanya benda asing di saluran napas atas adalah gangguan pada saluran napas atas yang paling sering terjadi. Infeksi pada saluran napas atas dapat disebabkan oleh karena bakteri atau virus. Infeksi pada saluran napas atas akan menyebabkan peradangan dan dapat menimbulkan gejala nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, mengeluarkan lendir yang dapat menyebabkan pilek dan bersin. Infeksi pada saluran napas atas dapat berupa faringitis, rhinitis, dan sinusitis.
    Sinusitis merupakan peradangan pada sinus, atau rongga yang ada di sekitar hidung. sinusitis dapat bersifat akut atau kronis. pada penderita sinusitis kronis, gejala flu, hidung tersumbat, wajah terasa penuh, dan kadang demam, dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama.
  3. Hormonal
    Terjadinya perubahan hormonal seperti pada penggunaan alat kontrasepsi pil, pada Kehamilan dan penyakit thiroid dapat mencetuskan rhinitis hormonal, yaitu bersin bersin dan pilek yang dipengaruhi akibat ketidakseimbangan hormon. Selama masalah hormonal belum teratasi, biasanya gejala flu yang diderita pun akan menetap.
  4. Penyakit Polip hidung
    Polip adalah lesi yang berasal dari mukosa hidunghidung atau sinus di sekitar hidung. Biasanya Polip dapat disebabkan oleh karena peradangan yang kronis di rongga hidung atau akibat dari. 
    Pada penyakit Polip di hidung, biasanya akan menimbulkan gejala seperti hidung yang tersumbat dirasa hilang timbul, napas yang mendengkur, nyeri kepala, dan pilek. 
  5. Tumor atau keganasan
    Tumor atau keganasan yang terdapat di rongga hidung dapat menyebabkan gejala hidung tersumbat, dan gejala obstruktif lainnya. Gejala lain yang dapat terjadi diantaranya sering mimisan, sulit menelan, terdapat benjolan yang nampak dan semakin membesar secara visual baik disekitar wajah, atau di lehet dan berat badan turun drastis. 

Apabila anda khawatir terhadap keluhan yang anda alami, disarankan agar dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan agar dilakukan wawancara lebih mendalam, dan dilakukan pemeriksaan langsung pada anda. Pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah lengkap, Rontgen, atau CT Scan mungkin dapat dianjurkan sesuai gejala dan hasil pemeriksaan fisik yang ditemukan.

Untuk mengurangi gejala flu pada anda, anda dapat melakukan : 

  1. Hindari makan atau minuman dingin
  2. Gunakan masker di lingkungan berdebu
  3. Makan makanan bergizi
  4. Hindari asap rokok
  5. Hindari stress. 

Apabila anda mengalami kondisi seperti Napas sesak dan berat, pilek sering keluar lendir disertai darah, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Sandy Aditya P. 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat pada bayi merupakan keluhan yang dapat membuat bayi mengalami kesulitan menyusui hingga bernapas

4 Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi terjadi ketika pembuluh darah dan jaringan dalam rongga hidung tertutup karena terlalu banyak cairan. Kasus ini lebih sering terjadi pada bayi dibawah umur 6 bulan dan mengakibatkan kesulitan dalam menyusui karena tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidungnya.