Apa penyebab haid tidak teratur?

RA Info Penanya: RA
Dok saya biasanya haid pertengahan bulan. Bulan kemaren lancar tapi tiba2 keluar darah sedikit dan cuma sekitar 3jam sampai 1 CD setengah penuh, setelah itu tidak keluar lagi. Dan sampai sekarang belum haid (tgl 26 des). Saya belum menikah dan blm berhubungan bdn, kira kira penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RA,

Siklus haid seorang wanita umumnya berlangsung setiap 28 hari, namun hitungan 21-35 hari juga masih digolongkan ke siklus normal, dengan durasi haid 2-7 hari.

Beberapa penyebab yang bisa menyebabkan siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur adalah :
  1. Stres.
  2. Kelelahan.
  3. Berat badan tidak ideal, termasuk terlalu kurus.
  4. PCOS, dimana kelainan ini disebabkan hormon androgen yang umumnya banyak ditemukan dalam tubuh pria. Pada wanita seharusnya hormon androgen ini dalam kadar rendah atau sedikit, namun bila kadarnya berlebihan maka akan mengganggu siklus haid.
  5. Endometriosis. Selain nyeri perut bagian bawah, sering muncul keluhan perdarahan haid yang sangat banyak, atau nyeri ketika berhubungan seksual.
Yang perlu Anda lakukan sebagai usaha agar siklus haid Anda kembali normal adalah :
  1. Perbanyak asupan serat, baik sayur maupun buah.
  2. Tidur secara teratur.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin, tidak terlalu kurus maupun gemuk.
  4. Olahraga secara teratur untuk melancarkan aliran darah.
  5. Kurangi stres.
  6. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Karena keluhan Anda baru terjadi sekali, sementara tahap observasi dulu. Bila keluhan siklus haid yang tidak teratur ini sering terjadi hingga 3 bulan tidak haid sama sekali maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.