Penyebab Haid Tidak Teratur

FS Info Penanya: FS, Wanita, 2019 Tahun
Bismillah, dok saya seorang mahasiswa berumur 18 tahun. saya memiliki siklus haid yang biasanya terbilang cukup teratur, haid awal bulan sekitar tanggal 4/5/6 dan disertai nyer/dilep pada awal haid pada bulan ini di tanggal 5 sudah keluar flek merah tapi saya tidak mengalami dilep dan flek itu hanya 3 hari saja lalu hilang (padahal biasanya saya mengalami haid selama 10 hari an). pada 15 hari kemudian (tanggal 20) kembali keluar darah dan disertai nyeri. saya mau bertanya dok apakah darah yang keluar tanggal 20 tsb merupakan darah haid? dan apakah faktor yang menyebabkan saya mengalami hal ini padahal biasanya cenderung teratur. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi FSA,

Mentruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang berlangsung selama 3-8 hari. Siklus haid biasanya 28 hari namun dapat berkisar 21-40 hari. 

Gangguan menstruasi dapat berupa:

1. menoragia : perdarahan yang berlebihan saat menstruasi / periode menstruasi yang memanjang

2. metroragia : nyeri yang berlebihan saat menstruasi

Penyebab siklus menstruasi tidak lancar:

  • perubahan berat badan tiba-tiba
  • stres
  • kurangnya istirahat
  • penyakit pada organ reproduksi seperti endometriosis atau mioma

Flek yang keluar merupakan haid. Sebaiknya coba istirahat cukup, menjaga berat badan ideal, makan makanan bergizi, hindari stres, olahraga teratur. Apabila hal tersebut sudah dilakukan namun siklus haid masih tidak teratur sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.

Salam Sehat,

dr. Joane Rorimpandey

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat membantu dalam mengurangi gejala PMS

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Perubahan hormone menjelang haid seringkali membuat nafsu makan bertambah. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang dilarang saat haid berikut ini karena dapat memperparah keluhan sindrom pra menstruasi.