Penyebab haid terlambat, tidak lancar

SM Info Penanya: SM, Pria, 2019 Tahun
Belum haid sudah terlewat 1 minggu, apa yang menyebabkan saya telat haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SMC,

Terlambatnya haid dapat disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Stres, hal ini dapat mengganggu hormon yang ada di dalam tubuh wanita. Gangguan hormon ini dapat menyebabkan terlambatnya haid atau haid dapat berlangsung lama lebih dari 7 hari.
  2. Kehamilan. Gejala awal pada wanita yang sedang hamil adalah terlambatnya haid, hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan air seni untuk kehamilan atau pemeriksaan lebih lanjut berupa USG.
  3. Kelelahan. Disaat aktivitas tubuh berlebihan, maka hal ini dapat mengganggu siklus menstruasi.
  4. Berat badan yang tidak ideal. Saat kondisi seseorang terlalu gemuk atau terlalu kurus, maka hormon akan terganggu dan menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.
  5. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Terjadi bila tubuh menghasilkan lebih banyak hormon androgen (hormon yang umumnya dijumpai pada laik-laki).

Beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi terlambat haid adalah dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna, hindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok, hindari aktivitas fisik yang terlalu berlebihan.

Bila haid tidak kunjung datang, bahkan disertai keluhan nyeri, mual, pusing, maka segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Kami juga menyarankan untuk membaca artikel mengenai penyebab terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.