Penyebab gigi goyang dan cara mengatasinya.

GB Info Penanya: GB, Pria, 2019 Tahun
Dok,gigi rahang sayan sebelah kanan goyang,penyebab nya kenapa?dan solusinyaa bagaimana?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Gigi yang goyang bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

- Menyusutnya akar gigi, pada gigi berlubang besar yang tidak pernah diobati (resorbsi akar)
- Bentuk tulang penyangga gigi yang berubah akibat menumpuknya karang gigi
- Adanya peradangan pada jaringan penyangga gigi atau periodontitis
- Memiliki riwayat diabetes
- Benturan keras, akibat kecelakaan atau cedera olahraga

Perawatan gigi goyang sendiri akan tergantung dari penyebab awalnya serta tingkat kegoyangan gigi. Apabila gigi sudah sangat goyang dan sudah tidak bisa dipertahankan, maka dokter gigi akan mencabut gigi yang goyang tersebut. Namun, apabila tingkat kegoyangan gigi masih belum terlalu parah, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk menyelematkan gigi tersebut, seperti dengan pemasangan kawat yang dikaitkan ke gigi-gigi sebelahnya yang masih kuat. Metode ini disebut dengan splinting.

Pada gigi yang goyang akibat karang gigi yang menumpuk, pembersihan karang gigi (scaling) merupakan langkah awal perawatan yang akan dilakukan. Setelah karang gigi bersih, maka jaringan-jaringan sekitar gigi goyang tersebut, umumnya akan kembali menguat, sehingga gigi lama kelamaan akan kembali rekat.

Apabila gigi yang goyang disertai dengan riwayat diabetes, maka dokter gigi akan memberikan surat konsul terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam, untuk memeriksa apakah kondisi Anda cukup baik untuk dilakukan perawatan gigi seperti pencabutan.

Perawatan gigi goyang tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, sehingga Anda perlu berkonsulatasi terlebih dahulu ke dokter gigi, untuk memastikan penyebab serta menjalani perawatan yang paling tepat sesuai kondisi Anda.

Semoga membantu,

Salam sehat

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.