Penyebab gatal telapak dan jari-jari?

YS Info Penanya: YS, Pria, 48 Tahun
selamat siang dokter, mau nanya : mulai tadi pagi tangan khususnya telapak dan jari jari kok tau tau rasanya gatal tapi tidak timbul ( gatalnya didalam kulit ), kalau digosok rasanya enak tapi jadi merah semua, maaf tadi malam habis makan sate dan gylai kambing ( tapi biasanya tdk apa apa ), mohon penjelasannya, trimakasih salam hormat : pak yuni supriyatno ( usia 48 tahun )
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Y, 

Berdasarkan keluhan yang Anda rasakan. Gatal adalah persepsi subjektif yang dirasakan dan refleks membuat seseorang ingin menggaruk. Akibat garukan inilah yang menyebabkan iritasi dan kemerahan. Penyebab gatal bisa dikarenakan banyak penyebab. Penyebab gatal antara lain: kulit kering ; alergi makanan yang dikonsumsi, atau kontak dengan hal-hal lain; penyakit kulit seperti eksim, kudis, psoriasis; efek samping obat; gangguan saraf; infeksi.

Untuk mengatasi gatal sementara, Anda bisa membeli obat yang dijual bebas mengandung antihistamin untuk mengurangi gatal.

Pencegahan untuk mengurangi gatal, disarankan:

  • jangan menggaruk karena dapat menyebabkan kerusakan lapisan kulit dan terjadi infeksi.
  • pakai pakaian yang nyaman yang tidak mengiritasi kulit.
  • hindari barang atau kontak yang membuat gatak.
  • gunakan pelembab pada seluruh bagian kulit.

Jika gatal tidak berkurang dengan cara diatas, disarankan untuk segera ke dokter untuk mencari tahu penyebab yang pasti. Semoga bermanfaat. 

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TT
02 Oct 2019, 07:51
Wah saya menarik

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketombe merupakan salah satu jenis penyakit kulit kepala yang bisa mengganggu penampilan

7 Penyakit Kulit Kepala yang Ganggu Penampilan dan Kenyamanan Anda

Penyakit kulit kepala dapat menghalangi aktivitas maupun penampilan. Beberapa penyakit kulit kepala, yaitu ketombe, dermatitis seboroik, psoriasis, skleroderma dan lainnya.