Apa sajakah penyebab gatal-gatal yang saya alami?

PM Info Penanya: PM, Wanita, 18 Tahun
Dok saya ingin bertanya,saya mengalami gatal gatal kurang lebih sudah 3 bulan sampai skrng blum hilang juga,gatal gatal saya ini hampir seluruh badan dan menimbulkan bintik merah jika saya garuk ini penyebab gatalnya apa ya dok dan obatnya apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Suatu sensasi rasa yang menimbulkan reflek untuk menggaruk kerap disebut dengan istilah gatal. Gatal bisa terjadi pada seluruh area tubuh tanpa terkecuali dan dirasakan oleh berbagai macam lapisan umur baik pada pria mapun pada wanita. Gatal pada kulit bisa dikarenakan oleh beberapa kondisi terkait kesehatan kulit atau bahkan karena adanya kodisi medis tertentu yang lainnya.

Adapun beberapa penyebab dari gatal diantaranya adalah:

  • Adanya reaksi alergi
  • Adanya kulit yang kering
  • Adanya dermatitis kontak (apabila terdapat riwayat menyentuh / kontak dengan bahan ataupun zat kimia tertentu)
  • Penyakit psoriasis
  • Adanya gigitan serangga
  • Adanya infeksi bakteri pada kulit
  • Adanya infeksi jamur pada kulit
  • Adanya efek samping dari penggunaan obat-obatan terntu

Sehubungan dengan keluhan gatal yang Anda rasakan kurang lebih selama 3 bulan terahkir, perlunya diadakan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk dapat mengetahui penyebab pastinya. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya untuk segera memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit terdekat agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal yang timbul adalah: balurkan bedak salisil untuk mengurangi gatal, mandilah menggunakan air hangat dan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda, gunakan lotion atau pelembab kulit, gunakan pakaian yang menyerap keringat dan gatilah pakaian secara berkala, hindari makanan yang mencetuskan alergi bilamana Anda memiliki riwayat terhadap jenis makanan / olahan makanan tertentu, jaga kerbesihan diri dan lingkungan sekitar, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi simbang.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

6 Khasiat Vitamin E untuk Kulit Ini Dibutuhkan Pria Maupun Wanita

Khasiat vitamin E untuk kulit antara lain meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Vitamin E juga dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Apa saja manfaat vitamin E untuk kulit itu?