Penyebab gatal di sekitar mata.

TH Info Penanya: TH, Wanita, 44 Tahun
Slmt sore dok..dok klu mata sering gatal di bagian pinggir mata dkt hidung..di katna kan apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TH,

Gatal di sekitar mata dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Penggunaan kacamata yang kurang sesuai bentuknya sehingga mengakibatkan iritasi.
  2. Alergi. Seseorang yang memiliki riwayat alergi seperti alergi terhadap dingin, debu yang sering kambuh dan sering pilek dapat menyebabkan kulit di sekitar mata berwarna agak kehitaman akibat pelebaran pembuluh darah di hidung.
  3. Kondisi kulit kering. Area sekitar kulit memiliki sensitifitas yang lebih tinggi dibanding area wajah yang lain, sehingga kondisi kulit yang kering dapat mengakibatkan rasa gatal di sekitar mata.
  4. Pemakaian salep wajah yang terlalu dekat dengan area mata menyebabkan kulit iritasi dan terasa gatal.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari gatal tersebut adalah dengan cara memilih bentuk kacamata yang sesuai, jaga kelembapan kulit dengan cara perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari serta perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari pemakian salep wajah terlalu dekat dengan area mata.

Bila gatal dirasakan semakin mengganggu atau muncul bercak kemerahan, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah manis adalah istilah awam yang sering dianggap untuk menggambarkan kondisi kulit yang gatal, mudah mengalami luka berdarah, serta meninggalkan bekas kehitaman atau korengan

Benarkah Kulit Gatal dan Korengan Akibat Darah Manis?

Darah manis atau dalam istilah medis dikenal dengan prurigo adalah kondisi kulit gatal, mudah mengalami luka berdarah, serta muncul bekas kehitaman atau korengan (keropeng) setelah digigit nyamuk atau serangga jenis lainnya. Apa penyebabnya dan bisakah diobati?