Penyebab garis merah kebiruan pada pipi ?

YP Info Penanya: YP
Dok sya mau tanya.. Kalau garis yg berwarna merah dan biru di pipi itu kenapa ya dok? Sya punya garis di pipi ini dari kecil dok.. Suka tdk percaya diri di usia 23 ini?Dan adik adik saya yg berumur 6tahun, 13thun dan yg 20thn pun sama dok punya garis di pipi seperti saya.. Apakah ada bahayanya dok? Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YP.

Garis merah dan biru seperti yang anda keluhkan disebut sebagai telangiektasis.penyebab telangiektasis belum diketahui secara pasti. Beberapa kemungkinan faktor penyebabnya yakni genetik, lingkungan seperti sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Kemungkinanan lainnya rosacea, penggunaan obat steroid, ataupun systemic lupus erythematosus.

Individu dengan hemoragik herediter telangiectasia (HHT) merupakan kelainan genetik, biasanya di warisi dari salah satu orang tua. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan anda, sebaiknya ke dokter agar diperiksa secara langsung.

Pengobatannya dengan laser therapy, atau sclerotherapy.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak kedua Dede Sunandar dikabarkan menderita Williams Syndrome

Apakah Williams Syndrome Dapat Disembuhkan?

Publik baru-baru ini dikejutkan dengan kabar dari komedian Dede Sunandar. Anak kedua Dede dikabarkan menderita penyakit langka yang disebut Williams syndrome. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan gangguan belajar. Lantas, bisakah Williams syndrome disembuhkan?