Penyebab gangguan pendengaran pada satu telinga ?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
Sy seorang ibu usia 40thn.sekitar 9 bulan lalu telinga sy bindeng terasa macam kurang mendengar sebelah kanan...sy juga agak sering sakit kepala terasa sakit kepala aja tp ga cenut2 n ga pusing...dan sy jg kalau jln atau berdiri terasa goyang.....sakit apa kirax dgn gejala tsb.terimakasih sblumx
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NH.

Penyebab dari gangguan pendengaran yang anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Sumbatan oleh serumen/kotoran telinga
  2. Otitis eksterna sirkumskripta
  3. Otitis media
  4. Otosklerosis
  5. Trauma.

Adanya gangguan pada telinga sering disertai dengan nyeri kepala karena adanya nyeri alih, dan juga telinga merupakan salah satu organ keseimbangan, sehingga pusing berputar/vertigo bisa merupakan salah satu tanda adanya gangguan pada telinga. 

Pengobatannya sendiri tergantung dari penyebab dan diagnosa. Perlu dilakukan pemeriksaan seperti anamnesa (tanya-jawab) ulang, pemeriksaan telinga dengan otoskop, ataupun garputala sesuai indikasi. Sebaiknya anda ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut, agar penanganannya sesuai.

Anda dapat membaca tentang gangguan pendengaran disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.