Penyebab gangguan menstruasi ?

FD Info Penanya: FD, Wanita, 19 Tahun
"Dokter saya ingin bertanya. saya menikah bulan april 2019 dan sudah hampir 2 bulan tidak menstruasi. sudah test pack 2x hasilnya negatif. apa ada gejala lain kenapa tidak menstruasi selain tanda hamil dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FD.

Terkait dengan keluhan haid yang tidak lancar, Penyebab lainnya :

  • Fungsi hormon terganggu, haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
  • Kelainan Sistemik, tubuh sangat gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik, atau wanita yang menderita penyakit diabetes, juga akan mempengaruhi sistem metabolisme sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
  • Stress, stress akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh, karena stress, wanita akan menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolisme terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
  • Kelenjar Gondok, terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipertiroid), yang dapat mengakibatkan sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
  • Hormon prolakin berlebih Hormon prolaktin dapat menyebabkan seorang wanita tidak haid, karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan. Pada wanita yang tidak sedang menyusui hormone prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.

Untuk mengetahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, Sebaiknya anda ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga terapi yang diberikan sesuai dengan causanya.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan :

- Konsumsi makanan sehat dan bergizi

- Istirahat yang cukup

- Jangan merokok

- Jangan konsumsi alkohol

- Hindari dan kelola stres

- Olahraga yang teratur

Selengkapnya dapat anda baca disini.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi

Inilah Peran dan Fungsi Endometrium untuk Kesehatan Wanita

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi. Bagian ini memiliki peran penting dalam siklus menstruasi serta selama masa kehamilan.