Penyebab ejakulasi dini dan penangananya secara medis

TL Info Penanya: TL, Wanita, 22 Tahun
Dok bagaimana cara mengatasi ejakulasi yang terlalu cepat saat berhubungan? Kelainan atau ada masalah kesehatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TL,

Ejakulasi dini adalah terjadinya ejakulasi atau orgasme yang terlalu cepat saat berhubungan seksual. Kondisi ini dapat berkaitan dengan kondisi psikis seperti sedang cemas, stres, depresi, merasa bersalah, ataupun justru karena terlalu bersemangat sehingga membuat cepat orgasme, selain itu kondisi hormonal dan kondisi kesehatan organ reproduksi juga berpengaruh pada ejakulasi dini.

Ejakulasi dini sendiri ada dua yaitu primer dan sekunder dimana ejakulasi dini primer timbul sejak pertama kali berhubungan dan bisa menetap setiap kali berhubungann tidak mampu bertahan lama sedangkan ejakulasi dini sekunder merupakan ejakulasi dini yang didapat diman sebelumnya bisa bertahan lebih lama ketika berhubungan seksual.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter ahli andrologi agar dipastikan penyebabnya. Upayakan juga menjalankan pola hidup sehat, cukup istirahat, aktif berolahraga, perbaiki kebiasaan seperti hentikan merokok, kelola stres, dan hindari menggunakan sembarangan obat atau produk yang menjanjikan mampu membuat bertahan lama saat melakukan hubungan intim seperti tissue magic karena bisa menyebabkan iritasi ataupun juga menimbulkan gangguan pada pembuluh darah yang bisa membahayakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak mampu menahan dorongan seksual termasuk salah satu ciri-ciri wanita hiperseks

Ciri-ciri Wanita Hiperseks, Apakah Sama dengan Wanita Libido Tinggi?

Yang dimaksud hiperseks ternyata bukanlah sekedar gairah seksual yang tinggi. Kondisi mental ini bisa berdampak pada kesehatan dan relasi dengan pasangan. Agar lebih waspada, Anda perlu mengenali ciri-ciri wanita hiperseks agar tahu bedanya dengan libido tinggi.