Penyebab diare berulang dan sesak di ulu hati

KM Info Penanya: KM, Pria
Met subuh dokter,,,Saya ada keluhan nihSaya sperti diare, bolak-balik ke kamar mandi tp yg kluar BAB dikit-dikit.Trus, terasa sesak di ulu hati, itu kanepa ya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KM,

Seseorang yang menderita gangguan pencernaan akan memiliki keluhan seperti diare, susah buang air besar, mual serta muntah. Pada kasus anda, BAB yang berulang kali merupakan usaha tubuh untuk mengeluarkan racun dari tubuh anda. Ada beberapa penyebab seseorang mengalami diare, seperti :

  1. Makan makanan yang kualitasnya sudah tidak baik atau sudah lewat waktu kadaluarsanya dapat mengakibatkan keracunan, dan tubuh berusaha membuang racun tersebut dengan cara diare yang berulang kali.
  2. Adanya virus seperti rotavirus di dalam tubuh dapat mengakibatkan diare berulang kali dengan konsistensi seperti air.
  3. Adanya bakteri di dalam tubuh akan mengakibatkan diare yang seringkali disertai lendir hingga darah.

Pada seseorang yang mengalami diare seringkali lambung juga ikut terganggu sehingga sering muncul keluhan mual, muntah, nyeri ulu hati atau perasaan tidak nyaman seperti sesak di ulu hati karena produksi asam lambung yang berlebihan.

Hal yang perlu diperhatikan selama diare adalah hindari keadaan dehidrasi dengan cara minum segelas air putih setiap kali diare, makan makanan berkuah atau juga bisa dengan cara minum oralit setiap diare, selalu cuci tangan dengan sabun setiap kali dari kamar mandi, hindari makan makanan pedas, santan, kol.

Bila keluhan diare semakin sering hingga badan terasa lemas, keluar darah, maka segerakan periksakan diri ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dehidrasi rentan terjadi pada bayi akibat persentase cairan tubuh yang lebih banyak ketimbang orang dewasa

Mengapa Bayi dan Anak Lebih Rentan Terhadap Dehidrasi?

Gejala dehidrasi pada anak biasanya adalah rewel, mata terlihat lebih cekung, hingga keinginan minum terus menerus. Dehidrasi rentan terjadi pada bayi dan anak-anak karena persentase cairan tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa.