Penyebab demam disertai bintik pada wajah ?

FA Info Penanya: FA, Pria, 19 Tahun
Demam di sertai timbulnya bintik" kecil pada wajah .. itu biasanya gejala apa??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FA.

   Demam merupakan salah satu gejala yang sering dikeluhkan oleh anak-anak. Seseorang dikatakan demam jika suhu yang di ukur sama atau lebih dari 37.5 derajat celcius.

   Penyebab utama terjadinya demam bisa akibat faktor infeksi ataupun faktor non infeksi. Demam akibat infeksi bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, ataupun parasit yang dapat terjadi di organ tubuh manapun. Demam akibat faktor non infeksi dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain faktor lingkungan (suhu lingkungan yang eksternal yang terlalu tinggi, keadaan tumbuh gigi, dll), penyakit autoimun (arthritis, systemic lupus erythematosus, vaskulitis, dll), keganasan (Penyakit Hodgkin, Limfoma nonhodgkin, leukemia, dll), dan pemakaian obat-obatan (antibiotik, difenilhidantoin, dan antihistamin) Selain itu anak-anak juga dapat mengalami demam sebagai akibat efek samping dari pemberian imunisasi selama ±1-10 hari. 

Adapun yang dapat anda lakukan untuk menurunkan demam:
1. Pemberian cairan dalam jumlah banyak untuk mencegah dehidrasi dan beristirahat yang cukup.
2. Tidak memakai baju yang terlalu tebal.
3. Memberikan kompres air hangat
4. Pemberian obat turun panas seperti paracetamol

   Adanya bintik-bintik pada wajah yang disertai demam tidaklah khas untuk menegakkan diagnosis suatu penyakit. Untuk menegakan diagnosis perlu diketahui anamnesa (tanya-jawab) lebih lanjut seperti demam dari kapan, bintik yang timbul sejak kapan, di lihat warnanya, adakah bintik di tempat lain, ada keluhan lain; pemeriksaan fisik; pemeriksaan laboratorium sesuai indikasi. Sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter spesialis anak untuk di periksa lebih lanjut, agar penanganannya sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. 

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.