Penyebab darah haid yang menggumpal

NA Info Penanya: NA
Dok.saya sudah telat haid 3bulan lebih sebelum saya mendapatkan haid,Dada saya suka nyeri apa lagi kalau saya sentuh sampek ke ubun" dok,dan semalam baru mendapatkan haid jelasnya beiringan dengan seperti gumbalan cuman seperti lendir bergabung dengan darah dan saya skrg merasakan demam,sakit kepala sampek ke ubun" saya sakitnya dok,flu beriringan dengan ingus yang seperti air,dan gusi saya sebelah kiri terasa nyeri,bawaan badan saya lemas sekali dok.itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Darah haid yang menggumpal biasanya terjadi di awal periode menstruasi. Gumpalan seperti gel dengan warna merah tua. Darah yang menggumpal ini disebabkan karena zat antikoagulan di dalam darah tidak mampu mencegah pembekuan. Sehingga ada sejumlah darah haid yang menggumpal. Ini sebenernya merupakan hal yang umum terjadi. Yang perlu diwaspadai adalah, jika gumpalan darah terus menerus muncul dan berukuran besar dan disertai keluhan sakit panggul, perdarahan yang hebat, demam dll.

Penyebab medis yang sering terjadi adalah:

  • Perdarahan haid yang berlebihan atau dikenal dengan istilah menorrhagia
  • Polip Rahim dan mioma
  • Endometriosis
  • Adenomyosis
  • Kanker serviks
  • Keguguran

Kondisi yang Anda alami ini bisa disebabkan karena kondisi medis di atas. Tetapi bisa juga karena adanya infeksi. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat diperiksa secara langsung sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Untuk sementara, Anda bisa mengonsumsi parasetamol sebagai pereda nyeri dan demam yang Anda alami.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemungkinan wanita hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Ovulasi adalah proses ovarium melepaskan sel telur untuk pembuahan. Sepanjang siklus ovulasi, kemungkinan hamil satu sampai dua hari saat haid hampir nol persen.